SOLOPOS.COM - Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, saat diwawancarai wartawan seusai kegiatan penanaman pohon di Sungai Bengawan Solo dalam rangka HUT PDIP dan ulang tahun Megawati Soekarnoputri, Minggu (23/1/2022) siang. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, menyampaikan tentang sosok pengganti politikus PDIP, Putut Gunawan.

Sepekan sejak Ketua Komisi IV DPRD Solo, Putut Gunawan, meninggal. Mulai muncul tanda siapa sosok yang akan menggantikan politikus PDIP itu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, saat diwawancara wartawan di Taman Sunan Jogo Kali, Pucangsawit, Jebres, Sabtu (29/1/2022), semula enggan membahas siapa kandidat pengganti antarwaktu koleganya. Tapi, akhirnya dia mau berbicara.

Baca Juga : Soal PAW Legislator DPRD Solo Putut Gunawan, Rudy: Nunggu 1.000 Hari

“Wo, itu baru tujuh harinan kemarin ta. Baru tujuh hari, masih teles itu makamnya. Eh, PAW [pergantian antar waktu] nanti kami rapatkan dulu. Ndak perlu tergesa-gesa,” ungkap dia.

Tapi, Rudy belum memastikan kapan pergantian itu akan dilakukan. Bahkan, saat awak media menebak pergantian dilakukan pada Februari 2022. Politikus kawakan Kota Bengawan tersebut tak mengonfirmasinya.

“Belum tentu [Februari],” kata dia.

Baca Juga : Legislator DPRD Solo Putut Gunawan Meninggal, Begini Ketentuan PAW-nya

Rudy menyatakan akan ada rapat DPC PDIP Solo membahas itu. Sementara, saat ditanya apakah calon pengganti antarwaktu diambil berdasarkan nomor urut perolehan suara di bawahnya, Rudy tak sependapat.

Menurut dia pergantian antarwaktu Putut di DPRD Solo bergantung kepada partai politik pengusung. “Tergantung partai itu nanti. Yang penting tidak ada istilah suap menyuap. Nek saya begitu saja. Nek partai memutuskan A ya itu yang harus dilakukan. Itu [pengganti antarwaktu] kan diserahkan kepada partai ta, undang-undangnya diserahkan partai,” urai dia.

Rudy mengatakan Putut Gunawan merupakan anggota DPRD Solo dari Daerah Pemilihan (Dapil) V Solo, meliputi Kecamatan Jebres. “Nanti kami rapat DPC dulu terus kami usulkan [calon pengganti] ke DPP noh,” terang dia.

Baca Juga : Putut Gunawan Berpulang, Janji Rudy Tinggal Kenangan

Di sisi lain, sembari menunggu pengisian posisi Ketua Komisi IV DPRD Solo sepeninggal Putut Gunawan, kegiatan harian komisi dipimpin Agus Setyawan. Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu menjabat Wakil Ketua Komisi IV DPRD Solo.

Seperti, saat rapat kerja Komisi IV DPRD Solo dengan pejabat Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Solo membahas kenaikan tarif retribusi para pedagang di Sriwedari, Selasa (25/1/2022).

“Kemarin karena ketua tidak ada, otomatis saya yang memimpin. Tetapi terkait hal-hal yang bersifat strategis, kami tidak berani mengambi keputusan apa-apa. Secara definitif belum ditentukan siapa ketuanya. Saya hanya mengisi kekosongan itu,” tutur dia.

Baca Juga : Putut Gunawan Berpulang, Bendera Setengah Tiang Berkibar di DPRD Solo

Keputusan-keputusan strategis yang Agus maksud seperti menentukan jadwal-jadwal kegiatan. “Selama belum ada keputusan siapa pimpinannya kan tidak berani. Kami tidak melangkah terlalu jauh karena tak punya kewenangan definitif.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya