SOLOPOS.COM - Fitur Roboguru dari Ruangguru (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA -- Ruangguru menghadirkan inovasi terbaru pada fitur roboguru yang memudahkan para siswa untuk mempelajari solusi soal-soal sulit. Para siswa dapat menanyakan solusi soal mata pelajaran, juga dapat menonton video konsep terkait dengan soal itu.

Bahkan siswa dapat berdiskusi untuk membantu siswa lainnya yang kesulitan memahami jawaban soal. Fitur ini mendorong para siswa untuk tidak sekedar mengetahui jawaban dari soal, tetapi untuk memahami konsep ajaran dari topik soal tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tentu ini membantu siswa yang masih menempuh Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada awal 2021 karena pandemi. PJJ tentu membuat komunikasi antara siswa dan guru semakin terbatas untuk membahas konten belajar maupun tugas sekolah. Bahkan 77,8% siswa merasa kesulitan dengan tugas sekolah yang dirasa menumpuk selama PJJ.

Baca jugaRuangguru Layani Lebih dari 22 Juta Masyarakat Selama Pandemi

Ekspedisi Mudik 2024

Hasil survei internal Ruangguru pada Juli hingga Agustus 2020 kepada lebih dari 800 siswa di 32 provinsi menyimpulkan selama PJJ para siswa kesulitan memahami pelajaran tanpa penjelasan dari guru. Kemudian mendapat lebih banyak tugas tanpa ada pembelajaran yang lebih variatif dan interaktif. Siswa membutuhkan waktu yang lebih lama untuk belajar dan mengerjakan tugas. Juga adanya hambatan berkomunikasi dengan guru tanpa tatap muka.

“Selama sekolah daring, intensitas komunikasi dan konsultasi tatap muka dengan para guru menjadi jarang. Saat mengerjakan PR [pekerjaan rumah], konsep pelajaran terkadang sulit dipahami tanpa ada penjelasan tatap muka dari guru. Kami harap, inovasi terbaru Ruangguru melalui roboguru dapat menjadi salah satu solusi praktis dan efektif dalam membantu siswa. Terutama dalam menyelesaikan PR. Di mana siswa tetap menerima materi penjelasan konsep pelajaran dan dapat saling berdiskusi. Bukan hanya sekedar menyalin jawaban saja,” ungkap Head of K12 Product Ruangguru, Stephanie Hardjo.

Ruangguru
Ruangguru bantu siswa selama pembelajaran jarak jauh. (Istimewa)

Fitur Roboguru

Untuk memanfaatkan fitur roboguru, siswa dapat mengirim pesan melalui WhatsApp dengan ketik “ROBOGURU”, kirim ke nomor 0815-7815-0000. Selain itu, siswa juga dapat menggunakan fitur roboguru dengan mengunduh aplikasi Ruangguru, kemudian klik bagian roboguru.

Keunggulan terbaru fitur roboguru adalah:
- Kombinasi teknologi Photo Search dan User Generated Content (UGC) yang memudahkan para siswa menanyakan solusi untuk soal-soal yang sulit. Dan berdiskusi dengan siswa lain di seluruh Indonesia.
- Juga menyajikan video-video pembelajaran untuk membantu siswa memahami konsep dengan rekomendasi solusi yang akurat.
- Untuk semua jenjang SD (Sekolah Dasar) hingga SMA (Sekolah menengah Atas) dan sederajat dan semua mata pelajaran utama.
- Kemudian tersedia gratis pada WhatsApp dan aplikasi Ruangguru tanpa perlu berlangganan.

Baca jugaSiswa Luar Daerah Tetap Berpeluang Sekolah di Solo Kok, Tapi...

Ruangguru pertama kali meluncurkan fitur roboguru bagi para pengguna aplikasi Ruangguru pada tahun 2019. Fitur ini layaknya robot yang membantu para siswa dalam menjawab soal dari berbagai mata pelajaran dengan memberikan pembahasan dan rekomendasi video konsep belajar. Melalui fitur Photo Search roboguru, para siswa hanya perlu mengirim foto soal-soal yang dirasa sulit untuk dikerjakan ke menu roboguru di dalam aplikasi Ruangguru. Kini. roboguru juga tersedia via WhatsApp. Nantinya, roboguru akan secara otomatis memunculkan jawaban beserta penjelasan konsepnya dalam waktu beberapa detik.

Ruangguru berharap fitur ini bisa menjadi solusi yang tepat di saat para siswa berlatih tanya jawab soal, termasuk untuk persiapan ujian. Fitur roboguru juga mendukung kegiatan belajar para siswa selama PJJ di tengah berbagai keterbatasan komunikasi.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya