SOLOPOS.COM - Ilustrasi bisnis menguntungkan (Freepik).

Solopos.com, JAKARTA- Meskipun ditempa tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya akibat pandemi, para pelaku usaha, khususnya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terus berjuang untuk melewati paruh terakhir tahun 2020 dengan harapan memulai 2021 dengan lebih kuat.

“Sebelum bisnis bersiap memasuki tahun 2021 dengan rencana baru, sangat penting bagi para pelaku usaha untuk melakukan evaluasi akhir tahun terlebih dahulu untuk mengukur kinerja bisnis. Hal ini dibutuhkan untuk memperbaiki kekurangan yang ada, khususnya dari segi operasional," kata Country Manager Zilingo Indonesia Patrick Vaz, dalam keterangan resmi seperti dilansir Antaranews, Sabtu (12/12/2020).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia membagikan delapan kiat yang mudah diikuti sebagai pedoman UMKM untuk membantu menutup tahun 2020 dengan baik dan siap menorehkan prestasi baru tahun depan.

Belajar pada UMKM Prakardus, Dari Kreasi Bikin Penghasilan Naik 700 Persen

1. Evaluasi tujuan bisnis

Sebagai pelaku bisnis kecil, melihat kembali kinerja perusahaan Anda sangatlah dibutuhkan. Tinjau kembali tujuan tahun ini, evaluasi aktivitas inti usaha Anda, lalu gunakan hasil evaluasi Anda untuk mengukur kinerja bisnis Anda di tahun ini. Evaluasi bisnis secara menyeluruh dapat menjadi dasar pemetaan peluang Anda pada tahun depan.

2. Tinjau laporan keuangan

Kumpulkan semua dokumen yang diperlukan seperti laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas untuk meninjau status keuangan Anda. Selanjutnya, kembangkan laporan keuangan untuk menentukan apakah Anda berada di jalur yang tepat untuk memenuhi tujuan laba dan kebutuhan arus kas. Hal ini diperlukan apabila Anda ingin melakukan penyesuaian dalam rencana keuangan Anda di masa depan.

3. Lakukan analisis kompetitif

Melaksanakan analisis kompetitif membutuhkan perencanaan, penelitian mendalam, dan introspeksi yang jujur. Dengan analisis secara menyeluruh, perencanaan strategis Anda untuk mengungguli pesaing Anda dapat membantu Anda menentukan target dan menawarkan hasil yang lebih akurat.

4. Persiapkan rencana bisnis dan pemasaran untuk tahun 2021
Pelaku bisnis harus terus bersemangat dan terbuka untuk bereksperimen saat memasuki tahun 2021. Luangkan waktu untuk menyusun rencana bisnis untuk tahun depan dengan matang, termasuk rencana pemasaran guna meningkatkan citra merek dan kehadiran Anda di pasar.

5. Lakukan ulasan serta apresiasi kinerja karyawan

Tahun 2020 merupakan tahun yang sangat sulit bagi bisnis Anda, termasuk karyawan Anda sehingga sangat relevan untuk meninjau kinerja tenaga kerja Anda dalam beberapa kuartal terakhir. Hal ini akan membantu Anda lebih memahami kondisi karyawan Anda serta memberi wawasan tentang langkah selanjutnya bagi bisnis Anda. Bagaimanapun, kritik apapun harus diberikan secara konstruktif. Selain itu, pertimbangkan untuk memberikan liburan atau bonus akhir tahun kepada staf Anda untuk meningkatkan semangat mereka.

Waspada! Investor Saham Baru Di Daerah Jadi Sasaran Penipuan

6. Perbarui profil situs web dan media sosial

Apakah konten di situs web dan profil media sosial bisnis Anda selalu terkini? Media sosial telah menjadi sarana utama pemasaran real-time sejak krisis melanda dari awal tahun ini. Dedikasikan waktu Anda bulan ini untuk memperbaiki dan menambah konten, atau bahkan merombak keberadaan digital Anda apabila diperlukan.

7. Rancang program apresiasi pelanggan

Apresiasi dalam bentuk apapun itu penting. Para bisnis dalam kondisi seperti ini harus terus menjangkau dan terhubung dengan pelanggan. Hal ini diperlukan untuk tetap relevan di tengah maraknya persaingan yang ada. Anda dapat mengirimkan kartu ucapan atau email yang dipersonalisasi kepada para pelanggan setia Anda untuk membangun reputasi merek saat Anda merencanakan aktivitas bisnis untuk tahun depan. Pelanggan yang senang adalah pelanggan setia dan mereka tidak akan sungkan memberikan testimoni positif secara cuma-cuma.

8. Buat daftar dan rayakan pencapaian

Jika Anda telah mampu melangkah sejauh ini di tahun 2020, ada baiknya Anda merayakan semua pencapaian tersebut, baik kecil maupun besar. Semua bisnis harus merayakan prestasi milik mereka, khususnya setelah melewati tahun penuh tantangan. Selain motivasi, merayakan pencapaian mencerminkan kekuatan bisnis dan tim Anda serta memberikan rasa percaya diri dan arahan untuk memimpin dalam rencana mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya