SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SUKOHARJO — Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sukoharjo menambah sejumlah peralatan medis guna menunjang pelayanan prima kepada masyarakat. Beberapa peralatan itu baru saja didatangkan beberapa bulan yang lalu.

Direktur RSUD Sukoharjo, Gunadi, mengatakan pihaknya antara lain menambah peralatan berupa Computerized Tomography Scanner atau CT Scan dan Stress Analyzer. CT Scan, sambung Gunadi, adalah alat untuk menghasilkan gambaran organ dalam tubuh seseorang dengan bantuan sinar x. Kelainan pada organ dalam manusia itu nantinya bisa terlihat dalam sebuah gambar foto.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“CT Scan ini antara lain untuk memeriksa endoskopi atau saluran pencernaan, seperti lambung, usus dubur dan sebagainya,” ujar Gunadi, Jumat (2/11/2012). Selain itu, sambungnya, alat tersebut juga bisa memberikan gambaran untuk melihat kondisi organ tubuh lain seperti otak, liver, paru-paru dan seabgainya. Bila dari hasil scan terdapat kelainan pada organ tubuh itu, berarti perlu ada penanganan medis lanjutan.

Sedangkan Stress Analyzer, lanjut Gunadi, adalah alat mengetahui tingkatan stress atau depresi seseorang. RSUD Sukoharjo perlu mengadakan alat tersebut lantaran tingkatan stress seseorang itu tidak bisa dilihat secara kasat mata. Beda halnya dengan CT Scan yang berguna untuk mendeteksi kelainan pada oragan tubuh seseorang.

“Alat ini untuk mengetahui kesehatan jiwa seseorang,” papar Gunadi. Karena alat tersebut masih tergolong baru, maka pihak RSUD Sukoharjo menyiagakan dua dokter penyakit jiwa untuk mengoperasikan dan menangani sejumlah pasien khusus kejiwaan. Kedua dokter yang bertugas itu yakni Syam Edi dan Dwi Muh Haryanto.

Lebih lanjut Gunadi menerangkan, RSUD Sukoharjo ke depan memang akan dikembangkan bukan sekadar untuk menangani penyakit yang diderita oleh masyarakat secara kasat mata, namun juga untuk mendeteksi kejiwaan seorang pasien.

“Kami akan tingkatkan terus pelayanannya serta menyentuh ke berbagai golongan penyakit,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya