RSDC Asrama Haji Donohudan Boyolali Ditarget Beroperasi Agustus

Panglima Marsekal Hadi Tjahjanto meninjau persiapan RSDC di Asrama Haji Donohudan Boyolali yang ditarget beroperasi Agustus mendatang.
RSDC Asrama Haji Donohudan Boyolali Ditarget Beroperasi Agustus

Solopos.com, BOYOLALI — Rumah Sakit Darurat Covid-19 atau RSDC Asrama Haji Donohudan Boyolali ditargetkan bisa beroperasi pada Agustus nanti. Saat ini proses persiapan masih berjalan.

Kapolres Boyolali, AKBP Morry Ermond, mengatakan persiapan RSDC AHD ditargetkan selesai dalam waktu tiga pekan ini. “Jadi Agustus nanti diharapkan sudah bisa beroperasi. Sebab untuk mengantisipasi juga lonjakan kasus Covid-19 pasca-Iduladha,” jelasnya saat ditemui wartawan di AHD, Kecamatan Ngemplak, Boyolali, Minggu (25/7/2021).

Baca Juga: Awalnya Waswas Ada Patroli, Penjual Siomai Boyolali Senang Dapat Sembako dari Polisi

Ia mengatakan RSDC AHD akan dimanfaatkan untuk menangani pasien bergejala sedang hingga berat dari Soloraya. Meski begitu AHD masih tetap menampung pasien positif corona tanpa gejala atau orang tanpa gejala (OTG).

“Jadi nantinya untuk RSDC akan disiapkan di Gedung Madinah dan untuk OTG menempati Gedung Makkah,” imbuh Kapolres.

Baca Juga: Siswa SMP di Boyolali Jadi Sasaran Vaksinasi, Bupati: Semoga Kasus Covid-19 Usia Remaja Turun!

Dandim 0724/Boyolali, Letkol Arm. Ronald F Siwabessy, mengatakan untuk RSDC Asrama HajiDonohudan Boyolali akan disiapkan dengan kapasitas 344 tempat tidur. Kemudian untuk bangsal perawatan OTG disiapkan 684 tempat tidur.

Perbaikan Arsitektural

Ia menjelaskan untuk saat ini persiapan RSDC masih dilakukan perbaikan arsitektural. “Seperti perbaikan saluran limbah, lantai, pembuatan HCU dan sebagainya. Untuk HCU hari ini perbaikan plafon dan lantai,” katanya.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Diklaim Turun, Bupati Boyolali: Protokol Kesehatan Tak Boleh Kendur

Persiapan diperkirakan sudah mencapai sekitar 12%. Sementara itu, hingga Minggu siang, masih ada 283 pasien OTG yang menjalani isolasi di AHD. Mereka berasal dari wilayah Soloraya. “Nanti ada penambahan dari Klaten sekitar 36 orang,” jelasnya.

Sementara itu, Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, meninjau persiapan RSDC Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Minggu. Rombongan Panglima datang sekitar pukul 13.45 WIB dan langsung memasuki kawasan AHD.

Baca Juga: Tersenggol Truk Boks, Mobil Isuzu Panther Nyungsep Ke Selokan Di Jalan Solo-Semarang Boyolali

Mereka kemudian keluar dari AHD sekitar pukul 14.12 WIB. Menurut Morry, tujuan kedatangan Panglima TNI salah satunya memberikan arahan mengenai cara bertindak jajaran Kapolsek, Danramil, Babinsa, dan Babinkamtibmas di lapangan, dalam pelaksanaan tracing.


Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago