SOLOPOS.COM - Tim dokter melakukan operasi seorang pasien penderita skoliosis (tulang belakang bengkok) dan hemofili (darah sulit beku) di ruang operasi Rumah Sakit Ortopedi Prof Dr Soeharso Solo, Rabu (3/10/2012). Operasi terhadap pasien, Bayu Aditya Purbandara ,14, asal Magelang tersebut merupakan kasus langka dan baru pertama kali dilakukan RS Ortopedi. (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)

Solopos.com, SOLO -- Rumah Sakit (RS) Ortopedi dr. Soeharso meluncurkan layanan konsultasi online atau daring melalui program Telemedicine Konsultasi Dokter. Layanan itu sebagai dukungan kepada pasien untuk melakukan pembatasan sosial di tengah pandemi Covid-19.

RS Ortopedi merupakan rumah sakit milik Kementerian Kesehatan yang melayani mayoritas pasien dari luar Pulau Jawa.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Telemedicine Konsultasi Dokter yang diluncurkan satu bulan terakhir ini melayani konsultasi jarak jauh dengan enam dokter spesialis.

Hukum Salat Memakai Masker, Bolehkah?

Ekspedisi Mudik 2024

Para dokter itu adalah dr. Ismail Maryanto, SpOT (K), dr. Tangkas Sibarani, SpOT (K), dr. Iwan Budiwan Anwar, SpOT (K), dr. Mujaddid Idulhaq, SpOT (K), dan dr. Asep Santoso, SpOT (K).

Kepala Bidang Pelayanan Medik RS Ortopedi dr. Soeharso, Dr.dr. Retno Setianing, Sp. KFR (K), menjelaskan Telemedicine Konsultasi Dokter semakin digemari pasien karena mereka bisa mendapatkan akses konsultasi dengan dokter pilihan.

Layanan konsultasi online ini juga lebih efisien karena pasien tak perlu mengeluarkan biaya transportasi.

WNI Positif Covid-19 di Luar Negeri Capai 805 Orang, Terbanyak di Malaysia

“Kasus pertama pasien terpapar Covid-19 di Solo membuat para pasien luar kota bertanya-tanya akses menuju Kota Solo. Secepatnya kami membuat layanan Telemedicine. Pasien pertama dari Garut [Jawa Barat] dan berjalan efektif karena karakteristik pasien kami saat kontrol diantar oleh sejumlah keluarga yang membutuhkan biaya transportasi dan akomodasi,” kata dia, Sabtu (16/5/2020).

Menurut Retno, layanan konsultasi online tersebut cocok bagi pelayanan ortopedi karena bentuk tulang atau gerakan dapat dilihat melalui pandangan kamera. Pasien dan dokter dapat saling memberikan informasi yang kredibel sebagai dasar mengambil keputusan.

Update Covid-19 Dunia: Sembuh Hampir 38%, Meninggal 6,66%

“Pasien yang telah mengakses layanan merupakan pasien yang lama yang memiliki rekam medik. Dokter membantu memberikan resep yang dapat ditebus melalui apotik terdekat,” ujarnya.

Akses Lewat Whatsapp

Pasien yang tertarik mencoba layanan Telemedicine dapat mengakses nomor Whatsapp 0895363415177 dengan format nama pasien spasi nomor RM (rekam medis) spasi tanggal periksa.

Pasien akan mendapatkan nomor Virtual Account Bank Mandiri untuk proses pembayaran Rp150.000 maksimal pukul 13.00 WIB pada H-1 pemeriksaan tersebut.

Meski PSBB, Pemprov Jatim Keluarkan Izin Salat Id di Masjid Agung Surabaya

Pasien bakal mendapatkan jadwal dan link konsultasi setelah melakukan pembayaran. Pasien harus menginstal aplikasi Zoom dan bisa melakukan konsultasi online dengan dokter RS Ortopedi selama 15 menit sesuai jadwal yang disepakati.

Namun, layanan konsultasi online yang terus berkembang diyakini belum dapat menggantikan peran dokter di layanan kesehatan secara langsung. Layanan Telemedicine ini hanya berlangsung selama pandemi Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya