Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

RS Indriati Boyolali Buka Klinik Imunicare, Layani Beragam Vaksinasi

RS Indriati Boyolali membuka pusat layanan vaksinasi bernama Klinik Imunicare.
SHARE
RS Indriati Boyolali Buka Klinik Imunicare, Layani Beragam Vaksinasi
SOLOPOS.COM - Direktur RS Indriati Boyolali, Sandra Hendhana (tengah) dan Regional Manager Indonesia Bagian Tengah PT Biofarma (Persero), Andreas Heru Susanto, meresmikan Klinik Imunicare di RS Indriati Boyolali, Sabtu (23/4/2022). (Istimewa)

Solopos.com, BOYOLALI — Rumah Sakit (RS) Indriati Boyolali membuka Klinik Imunicare, Sabtu (23/4/2022). Di Klinik Imunicare, tersedia semua jenis vaksin yang dibutuhkan untuk semua kalangan usia.

Klini itu dibuka dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan terutama di bidang pencegahan penyakit. Selain itu sebagai momen untuk memperingati Hari Imunisasi Nasional.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Direktur RS Indriati Boyolali, Sandra Hendhana, mengatakan pihaknya bekerja sama dengan PT Bio Farma (Persero) dalam membuka Klinik Imunicare. Klinik tersebut memberikan layanan vaksinasi lengkap (Vaccination Center) mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga lansia.

Klinik Imunicare juga hadir dengan tim yang kompeten, produk yang berkualitas, garansi keaslian, dan jaminan kualitas layanan. Untuk pelayanan vaksinasi juga dilakukan di ruang terpisah dengan tempat pelayanan lainnya, yakni di area belakang rumah sakit dan dekat dengan area publik atau foodcourt. Sehingga lebih aman karena dapat meminimalkan risiko paparan infeksi di rumah sakit.

Ke depannya Klinik Imunicare RS Indriati Boyolali juga akan melayani vaksinasi internasional dan penerbitan Sertifikat Vaksinasi Internasional (ICV) atau Buku Kuning. ICV ini biasanya dibutuhkan untuk keperluan umroh dan perjalanan internasional. Layanannya pun direncanakan akan dapat diakses melalui jalur drive thru.

Baca Juga: Gokil! Bakal Ada Pelayanan Kedokteran Nuklir di RS Indriati Solo Baru

“Siang ini secara formal kami membuka klinik layanan baru untuk aspek preventif atau untuk pencegahan penyakit. Karena RS sebagai lembaga kuratif itu sudah biasa. Tapi upaya preventif harus tetap kita lakukan. Salah satu bentuk upaya preventif adalah vaksinasi,” kata Sandra dalam press conference secara virtual, Sabtu (23/4/2022).

Dia mengatakan vaksinasi sudah sering dilakukan terutama selama masa penanganan Covid-19. RS Indriati juga berkontribusi pada program vaksinasi Covid-19 yang gencar dilakukan pemerintah. “Sekarang waktunya kami fokuskan lagi juga untuk vaksinasi yang lain. Semoga apa yang kami lakukan mampu meningkatkan literasi kesehatan masyarakat pada umumnya. Bahwa pencegahan itu sama pentingnya dengan tindakan penyembuhan,” kata dia.

Dia menegaskan layanan vaksinasi di Klinik Imunicare bukan hanya untuk Covid-19, namun banyak jenis vaksin yang dapat dilayani. Untuk mengakses layanan tersebut masyarakat juga dapat melakukan reservasi secara online.

Baca Juga: Semakin Banyak Pilihan, RS Indriati Boyolali Kini Layani Pasien BPJS Kesehatan

“Pertama melalui website. Kedua, kami akan segera launching mobile app, IHBoy. Melalui model reservasi tersebut diharapkan bisa memotong waktu tunggu pasien. Jam operasional klinik mengikuti jadwal poliklinik rawat jalan dengan jadwal Senin-Sabtu mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB.

Pabrik Vaksin Terbesar

Sementara itu, Regional Manager Indonesia Bagian Tengah PT Biofarma (Persero), Andreas Heru Susanto, mengucapkan terima kasih atas terjalinnya kerja sama dengan RS Indriati Boyolali tersebut. “Kami bermitra untuk memberikan pelayanan vaksinasi kepada masyarakat,” kata dia.

Heru menjelaskan PT Bio Farma merupakan BUMN yang juga merupakan pabrik vaksin terbesar di Asia Tenggara. Kapasitas produksi per tahun saat ini sekitar 3,2 miliar dosis vaksin. PT Bio Farma juga sudah melakukan ekspor ke sejumlah negara.

Bahkan untuk vaksin polio, PT Bio Farma telah menyuplai 2/3 kebutuhan dunia. PT Bio Farma juga telah berkontribusi dalam penanganan Covid-19 di Indonesia, salah satunya mendistribusikan dan memproduksi vaksin.

Baca Juga: RS Indriati Boyolali Dibuka Tapi Layanan BPJS Masih 6 Bulan Lagi

Pembukaan layanan baru tersebut juga mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Boyolali melalui Dinas Kesehatan. “Sumbangsih RS Indriati Boyolali bagi Boyolali luar biasa. Hari ini peluncuran pelayanan vaksinasi. Banyak penyakit yang dapat dicegah dengan adanya imunisasi. Dengan layanan ini semoga bisa memberikan pelayanan lebih prima, lebih lengkap lagi,” kata dia.

Puji juga menyampaikan rasa bangganya karena ada rumah sakit swasta di Boloyali yang peranya bisa dinikmati masyarakat. “Semoga kerja sama akan semakin baik lagi. Jika nantinya layanan ini sudah dilakukan di RS Indriyati mungkin nanti bisa disosialisasikan di faskes-faskes kami sehingga kerja sama menjadi lebih baik lagi,” lanjut dia.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode