[x] close
RS di Kabupaten Pati Kelebihan Kapasitas Pasien Covid-19
Solopos.com|jateng

RS di Kabupaten Pati Kelebihan Kapasitas Pasien Covid-19

Lonjakan jumlah pasien Covid-19 di Kabupaten Kudus membuat rumah sakit di daerah sekitar termasuk Pati mengalami over kapasitas.

Solopos.com, PATI -- Lonjakan jumlah pasien Covid-19 di Kabupaten Kudus membuat rumah sakit di daerah sekitar termasuk Pati mengalami over kapasitas.

Mengutip detikhealth, Selasa (8/6/2021), lonjakan pasien Covid-19 yang sangat tinggi terjadi Rumah Sakit Keluarga Sehat (RS KSH) Pati di Desa Sukoharjo Kecamatan Margorejo, Pati.

Terjadi antrean pasien di ruang IGD rumah sakit setempat pada Senin (7/6/2021). Para pasien yang dinyatakan positif Covid-19 itu, menunggu di luar ruangan untuk mendapatkan ruang perawatan.

Baca Juga : BNPB Minta Pemkab Pati Upayakan 5 Hal Cegah Covid-19

Direktur RS KSH Pati, dr Kelvin Kurniawan, menyebut tercatat ada sebanyak 72 pasien Covid-19. Namun, kapasitas ruangan hanya dapat memuat sebanyak 57 orang pasien.

"Total pasien yang kami rawat ada sebanyak 72 pasien, 31 pasien berasal dari Kudus, dan 36 pasien dari Kabupaten Pati, dan 4 pasien dari kabupaten lainnya. KSH sendiri menyediakan 57 tempat tidur, sehingga melihat dari jumlah pasien artinya sudah over kapasitas," kata Kelvin.

Lonjakan pasien memang berpengaruh dari kondisi kasus Covid-19 kabupaten tetangga, yakni Kudus. Selain dari Kabupaten tersebut, juga pasien dari Kabupaten Pati sendiri mengalami kenaikan.

Baca Juga : Ada Sosok Siluman Ular Penghuni Gunung Rahtawu Pati

Atas kondisi itu, ia mengaku pihak rumah sakit telah berupaya untuk melakukan penambahan ruang perawatan. Dengan menggunakan sisa ruang yang tak terpakai, menjadi ruang transit perawatan darurat.

"Kami telah mengantisipasi, dengan menambah kapasitas kami, dengan membuat ruang transit untuk bisa tetap melayani pasien di IGD, menggunakan beberapa tempat seperti eks parkir ambulance yang layak bagi pasien transit di sana," paparnya.

Berdasarkan data website resmi covid19.patikab.go.id, total warga Kabupaten Pati pasien suspect dirawat ada sebanyak 121 orang, dan yang masih konfirmasi sebanyak 65 orang. Sementara yang hingga kini dalam perawatan status positif Covid-19 sebanyak 175 orang pasien.


Kata Kunci : #Pati #kabupaten pati
Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago