SOLOPOS.COM - Acara pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap I 2021 dilaksanakan di Desa Sapen, Kecamatan Mojolaban, Selasa (2/3/2021). (Solopos-Indah Septiyaning W.)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Program TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2021 di Kabupaten Sukoharjo resmi dibuka pada Selasa (2/3/2021).

Kali ini, Desa Sapen, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo, menjadi sasaran pelaksanaan TMMD Sengkuyung tahap I dengan total anggaran Rp586 juta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dandim 0726 Sukoharjo, Letkol Inf Agus Adhy Darmawan mengatakan sasaran utama TMMD Sengkuyung tahap I dilakukan untuk membantu Pemkab Sukoharjo dalam rangka percepatan pembangunan.

Baca juga: Jagal Satu Keluarga Di Baki Sukoharjo Minta Keringanan Hukuman Seumur Hidup

Ekspedisi Mudik 2024

Hal ini guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan kemanunggalan TNI dan masyarakat.

"TMMD Sengkuyung I akan digelar selama satu bulan ke depan," katanya kepada wartawan seusai pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap I di kantor Bupati Sukoharjo.

Dandim mengatakan sejumlah program fisik dan nonfisik akan dikerjakan selama TMMD. Kegiatan sasaran fisik di antaranya berupa pembuatan talut jalan dengan panjang 729 meter, pembangunan rabat beton.

Baca juga: Gegara Utang Rp50.000, Pria Mabuk Ngamuk Sayat 4 Orang Pakai Pisau di Sragen

Kemudian pembangunan jalan penghubung Dukuh RT 001/RW 009 dan Dukuh Dongeng RT 001/RW 001 sepanjang 960 meter serta rehab Masjid Al Ikhlas di Dukuh Grajagan.

Untuk sasaran non fisik antara lain penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara, pemberian kursus keterampilan dan penerapan teknologi tepat guna terkait untuk peningkatan pendapatan masyarakat.

Pencegahan Penyebaran Virus Corona

Kemudian penyuluhan kesehatan masyarakat dan keluarga berencana, penyuluhan tentang bencana alam. "Kegiatan lainnya juga upaya pencegahan penyebaran virus corona," katanya.

Dandim berharap melalui kegiatan TMMD ini sekaligus mampu meningkatkan semangat gotong royong, kesadaran bela negara, keamanan dan ketertiban bangsa. Selain itu juga mampu meningkatkan kemanunggalan TNI bersama rakyat.

Baca juga: DPR Minta Pemerintah Prioritaskan Jemaah Calon Haji Divaksin Covid-19

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, menyampaikan TMMD adalah salah suatu program terpadu antara TNI dan pemerintah daerah yang bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan di daerah. Dengan harapan, kesejahteraan masyarakat di daerah juga meningkat.

"Jadi selain sasaran pokoknya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, TMMD juga bertujuan sebagai upaya mempererat kemanunggalan TNI dengan rakyat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya