SOLOPOS.COM - Kepala Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Martadi, (kanan) menghadiri acara Musyawarah Cabang III Pelantikan dan Pengukuhan DPC Iwapi Kabupaten Karanganyar di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar. (Istimewa/Instagram @disdagnakerkopukm_kra)

Solopos.com, KARANGANYAR — Revitalisasi Pasar Kwadungan di Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah masuk dalam prioritas pembangunan pasar pada 2023.

Kepala Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disdagnakerkop UKM) Karanganyar, Martadi, mengatakan pihaknya akan mengawal rencana pembangunan tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pembangunan Pasar Kwadungan Kerjo akan dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Dinas [Disdagnakerkop UKM] terus berkomunikasi dengan Kementerian Perdagangan [Kemendag] karena berkas sudah dilimpahkan ke Kementerian PUPR. Lokasi juga sudah disurvei Bappeda Provinsi Jawa Tengah dan Karanganyar. Revitalisasi ini semuanya masih rencana,” ujarnya Senin (16/5/2022).

Pihaknya berencana menanyakan progres tersebut ke Jakarta. “Rencananya bulan depan [Juni] kami ke Jakarta lagi untuk menanyakan sejauh mana rencana revitalisasi pasar itu,” imbuhnya.

Baca Juga : Selokan Sering Meluap, Jalan di Dalam Pasar Palur Karanganyar Tergenang

Martadi menjelaskan bahwa revitalisasi Pasar Kwadungan Kerjo menjadi salah satu prioritas pemerintah dalam percepatan ekonomi Jawa Tengah.

Revitalisasi Pasar Kwadungan Kerjo dianggarkan Rp50 miliar. Namun seiring berjalannya waktu, anggaran tersebut bisa lebih dan kurang.

Martadi mengatakan Pasar Kwadungan Kerjo akan didesain tiga lantai. Lantai ketiga akan dimanfaatkan sebagai lahan parkir dan pusat penjualan makanan (food court).

Desain ini disesuaikan dengan peruntukan pasar, selain sebagai tempat transaksi perdagangan juga pendukung pariwisata di sekitarnya.

Baca Juga : Belanja di Sunday Market Alun-alun Karanganyar, Seru Plus Murah

“Yang mengerjakan Kementerian PUPR sehingga anggaran Rp50 miliar itu bisa lebih bisa kurang. Begitu pula dengan desainnya sangat mungkin akan direvisi disesuaikan dengan kondisi. Rencana kami dulu Pasar Kwadungan juga menjadi penyangga di jalur wisata yang ada di sana, Waduk Gondang,” jelasnya.

Pihaknya berharap revitalisasi Pasar Kwadungan Kerjo segera terealisasi. Pembangunan tersebut diharapkan dapat mempercepat pembangunan ekonomi Jawa Tengah, khususnya Karanganyar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya