SOLOPOS.COM - Ilustrasi Covid-19. (freepik)

Solopos.com, WONOGIRI -- Hingga Minggu (21/6/2020) pukul 21.00 WIB tak ada penambahan kasus positif Covid-19 baru di Wonogiri, Jawa Tengah. Alhasil, kasus kumulatif virus corona di wilayah ini tetap 16 orang.

Dari 16 kasus tersebut, kini hanya menyisakan empat orang yang dirawat di rumah sakit mapun dikarantina khusus. Berdasarkan data yang dirilis Pemkab Wonogiri di situs resminya, sebanyak tiga orang menjalani perawatan di rumah sakit dan satu dikarantina khusus.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Klaten Siapkan Protokol Kesehatan Desa Paseduluran Pengungsi Merapi

Selain itu, sudah ada 10 kasus yang sudah dinyatakan sembuh dan dua meninggal dunia.

Untuk kategori pasien dalam pengawasan atau PDP Covid-19 tercatat tetap 66 orang. Dari 66 orang itu, menyisakan tiga orang yang masih berstatus PDP dan dirawat di rumah sakit. Sedangkan 57 lainnya sudah dinyatakan negatif Covid-19 dan enam meninggal dunia.

Hot News, Bantu Tangani Covid-19 Bisa Dapat Keringanan Pajak Penghasilan!

Dan untuk kategori orang dalam pemantauan atau ODP Covid-19 di Wonogiri tercatat bertambah dua menjadi 862. Adapun perinciannya, 33 sedang dipantau dan 829 selesai pemantauan.

Ibu Hamil Melonjak

Selama pandemi Covid-19, jumlah ibu hamil di Wonogiri naik. Apalagi setelah masa anjuran stay at home atau berada di rumah bagi masyarakat sejak Maret 2020 lalu.

Hal ini sejalan dengan tren kenaikan kehamilan di beberapa daerah di Soloraya pada bulan-bulan yang sama.

Tren hingga Fenomena Beberapa Tahun Terakhir ini Disebut Mirip Tanda-Tanda Kiamat

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Wonogiri, Adhi Dharma, menyampaikan angka kehamilan baru pada April naik cukup signifikan dibanding bulan sebelumnya. Adhi mencatat kehamilan baru Januari-April sebanyak 5.103 orang.

Sebelum Covid-19 mewabah, yakni Januari-Maret tercatat ada 2.041 ibu hamil di Wonogiri. Berarti jumlah ibu hamil di Wonogiri pada masa pandemi April naik signifikan sebanyak 3.062 orang.

Enggak Kreatif! Riset Sebut 16% Pasangan Bercinta dengan Gaya Monoton

Jumlah tersebut melonjak jauh lebih tinggi dari pada kehamilan tiga bulan sebelumnya. Sedangkan data kehamilan baru selama pandemi Mei belum masuk masuk Dinkes.

Meski demikian, dia menganggap jumlah ibu hamil yang naik di Wonogiri tersebut tidak sepenuhnya karena warga di rumah selama wabah Covid-19. Dia menyebut perlu penelitian lebih lanjut untuk menyebut kebijakan stay at home pada masa pandemi berdampak pada naiknya kehamilan baru.

Hari Ini Dalam Sejarah: 22 Juni 1527, Fatahillah Mengusir Portugis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya