SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, WONOGIRI – Dua pelajar SMP di Wonogiri ditangkap polisi setelah menawarkan sepeda motor hasil curian itu melalui media sosial (medsos) Facebook. Dua pelajar SMP di Wonogiri ditangkap polisi pada Jumat (19/11/2021) atau empat hari setelah mencuri sepeda motor di Kecamatan Jatisrono pada Senin (15/11/2021) lalu.

Baca Juga: Nekat Curi Motor, 2 Pelajar SMP di Wonogiri Dikukut Polisi

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Minggu (21/11/2021), sepeda motor yang dicuri berjenis Yamaha Jupiter MX berpelat nomor AD 6950 QG milik Parto Samino, 68, warga Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, yang bertempat tinggal di dusun tak terlalu jauh dari lokasi kejadian.

Semula Parto pergi ke sawah mengendarai Yamaha Jupiter MX. Sesampainya di sawah dia memarkirkan sepeda motornya di gubuk pukul 15.00 WIB. Setelah itu dia menuju ke sawahnya yang berjarak lebih kurang 200 meter dari gubuk.

Parto beraktivitas di sawah selama satu jam. Kemudian dia ingin pulang. Namun, saat berada di gubuk untuk mengambil sepeda motor, sepeda motornya sudah raib.

Baca Juga: Sepeda Di Pinggir Sawah Wonogiri Bikin Curiga, Ternyata Pemiliknya Sudah Meninggal

Setelah itu dia pulang ke rumahnya dengan berjalan kaki. Sesampainya di dusun dia menginformasikan kejadian itu kepada ketua rukun tetangga (RT) dan aparat Polsek Jatisrono.

Polisi dapat menangkap dua pelaku di tempat berbeda empat hari setelah kejadian, yakni Jumat. BD ditangkap di rumahnya, sedangkan AG ditangkap di Kecamatan Slogohimo saat akan menjual hasil kejahatan. Sebelumnya, mereka menawarkan sepeda motor hasil curian melalui Facebook.

Menurut Kasatreskrim Polres Wonogiri, AKP Supardi, pelaku membawa lari sepeda motor dengan cara menyalakan mesinnya terlebih dahulu tanpa kunci kontak. Pelaku memiliki kemampuan itu dengan cara menyambungkan kabel kontak menggunakan kawat lalu distarter.

Baca Juga: Pandemi Covid-19, Anak-Anak Mencuri Meningkat, Ada Apa dengan Wonogiri?

“Sebelumnya pelaku sudah punya pengalaman menyalakan sepeda motor dengan cara itu. Dulu sepeda motor pelaku mogok lalu dia menyalakan mesin dengan cara menyambungkan kabel kontak. Cara itu diterapkan lagi,” ulas Kasatreskrim.

Polisi menyita barang bukti dari tangan pelaku berupa onderdil-onderdil sepeda motor korban yang belum terjual. Barang bukti lainnya satu unit Yamaha Vega putih diduga sarana yang digunakan pelaku saat beraksi.

“Kami masih akan memeriksa saksi lain dan berkoordinasi dengan jaksa untuk kepentingan penyidikan lebih lanjut,” ulas Kasatreskrim.

Baca Juga: Terungkap! Otak Pencurian 2 Motor Petani Madiun Ternyata Montir Bengkel

Sebelumnya, aparat Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Wonogiri, menangkap dua pelaku pencurian sepeda motor, Jumat (19/11/2021) lalu. Pencurian itu terjadi di Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, Senin (15/11/2021). Ironisnya, kedua pelaku merupakan pelajar SMP.

Informasi yang dihimpun Solopos.com dari data tertulis pengungkapan kasus tersebut, Minggu (21/11/2021), dua pelaku meliputi DB dan AG. Mereka pelajar SMP berusia 14 tahun asal Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri.

Kasatreskrim Polres Wonogiri, AKP Supardi, saat dimintai konfirmasi Solopos.com, Minggu, menyampaikan keduanya sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Baca Juga: Ketahuan Jual Motor Curian di Medsos, Pemuda Wonogiri Dibekuk Polisi

Mereka dikenai Pasal 363 ayat (4) KUHP tentang Pencurian juncto UU No. 11/2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak. Kendati demikian, mereka tidak ditahan karena harus menjalani pembelajaran.

“Kasus ini ditangani secara khusus karena pelakunya anak di bawah umur,” kata Kasatreskrim mewakili Kapolres Wonogiri, AKBP Dydit Dwi Susanto, saat dihubungi.

Berdasar data tertulis dari polisi, pencurian sepeda motor terjadi di sebuah gubuk/pondok dekat sawah di Dusun Joho, Desa Jatisrono, Kecamatan Jatisrono, Senin sore pekan lalu.

Baca Juga: Wadidaw…3 Ton Pakan Ayam di Wonogiri Digondol Pencuri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya