SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ronaldinho. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

RIO DE JANEIRO – Kembalinya Luiz Felipe Scolari ke skuat Timnas Brazil memberi berkah bagi beberapa pemain senior. Striker Ronaldinho dan kiper Julio Cesar yang selama ini sudah dipinggirkan kembali mendapat kepercayaan untuk memperkuat tim Samba.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Scolari yang berjasa mempersembahkan gelar kelima Piala Dunia bagi Brazil pada 2002 lalu kembali dipanggil menangani timnas pada November lalu. Big Phil, sapaan Scolari, mengisi posisi pelatih menggantikan Mano Menenzes yang dipecat tanpa alasan yang jelas.

Baik Ronaldinho dan Julio Cesar selalu mendapat tempat utama di skuat Brazil sejak 2007-2011. Namun di masa kepemimpinan Menenzes, keduanya mulai terpinggirkan dan digantikan para talenta muda.

“Saya menginginkan apa yang semua orang inginkan, di mana mereka bermain sepak bola karena mereka mampu,” ujar Scolari dilansir Reuters.

“Sedikit yang bisa memainkan sepak bola dibanding mereka. Saya juga menginginkan sikap yang baik. Saya mau mereka bertanggung jawab, terlepas dari usia mereka,” imbuhnya.

Ronaldinho yang kini menginjak 32 tahun terlempar dari skuat Brazil beberapa tahun lalu dan melewatkan Piala Dunia 2010. Kariernya dianggap mulai menurun akibat gaya hidupnya yang terlalu bebas.

Dia mengalami masa keemasan bersama Barcelona, di mana sempat memenangi penghargaan sebagai Pemain Terbaik FIFA di 2004 dan 2005. Setelah itu, dia bergabung bersama AC Milan sebelum memutuskan pindah ke Flamengo Brazil di awal 2011.

Dia sempat bermasalah di Flamengo mundur tahun lalu. Namun, ia kemudia menemukan gairah baru bersama Atletico Mineiro.

Bersama Scolari, Ronaldinho akan mendapat tantangan besar. Brazil harus mampu mempersembahkan gelar Piala Dunia keenamnya saat gelaran terakbar di dunia ini dihelat di negaranya, 2014 mendatang.

Namun sebelum itu, Scolari harus mampu menjawab kepercayaan masyarakat Brazil lebih dulu pada Piala Konfederasi yang digelar di Brazil pada Juni 2013.

Scolari akan menjalani comeback-nya bersama Brazil saat menghadapi Inggris pada laga persahabatan di Wembley, 6 Februari mendatang.

Selain memanggil Ronaldinho dan Julio Cesar, Scolari juga membawa muka baru seperti gelandang Lazio, Hernanes, dan gelandang Bayern Munich, Dante. Namun, eks pelatih Chelsea ini tak menyertakan playmaker Real Madrid, Kaka.

Berikut daftar nama pemain yang dipanggil Scolari

Penjaga gawang; Julio Cesar (Queens Park Rangers), Diego Alves (Valencia)

Bek: Daniel Alves (Barcelona), Adriano (Barcelona), David Luiz (Chelsea), Dante (Bayern Munich), Leandro Castan (AS Roma), Miranda (Atletico Madrid), Filipe Luis (Atletico Madrid)

Gelandang: Ramires (Chelsea), Arouca (Santos), Paulinho (Corinthians), Hernanes (Lazio), Oscar (Chelsea)

Penyerang: Hulk (Zenit St Petersburg), Neymar (Santos), Ronaldinho (Atletico Mineiro), Lucas (Paris St Germain), Fred (Fluminense), Luis Fabiano (Sao Paulo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya