SOLOPOS.COM - Ilustrasi/dok

Solopos.com, JAKARTA — Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) akan mendaftar secara resmi sebagai partai politik peserta Pemilu 2022 pada Senin (1/8/2022). PDI Perjuangan akan menjadi parpol pertama yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Partai berlambang banteng moncong putih itu juga telah mendaftar sebagai parpol peserta Pemilu secara online pada Minggu (31/7/2022).

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pemenangan Pemilku, Bambang Wuryanto, mengatakan PDI Perjuangan akan mendaftar secara resmi sebagai perpol peserta Pemilu 2024 pada Senin pukul 08.00 WIB di kantor KPU RI. Dalam pendaftaran itu, anggota yang didaftarkan ke KPU sebanyak 477.777 personel.

“Puji syukur kami sudah memasukkan ke KPU sebagai parpol peserta Pemilu melalui online. Semoga berkah dan menang Pilpres dan Pileg 2023,” kata pria yang akrab disapa Bambang Pacul itu melalui siaran pers yang diterima Solopos.com, Minggu.

Baca Juga: Semarang Fashion Week Digelar di Simpang Lima, Begini Keseruannya

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah itu mengungkapkan makna filosofis di balik tanggal pendaftaran dan jumlah personel yang didaftarkan. Menurutnya, angka 4 di depan jumlah 477.777 personel merupakan lambang kursi kuasa atau hasil elektoral.

Sedangkan angka 77 dikaitkan dengan tanggal pendaftaran besok yang masuk bulan Agustus dan berkaitan dengan ulang tahun Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia.

“Angka tujuh dalam bahasa Jawa adalah pitu. Angka 777 bermakna agar selalu mendapatkan pitulungan atau pertolongan dari sesama, pitutur atau petuah yang berguna dari para tetua, khususnya Ibu Ketua Umum, serta pituduh atau pencerahan dari Tuhan Yang Maha Esa,” paparnya.

Baca Juga: Korban Meninggal Kecelakaan Mobdin Bakamla di Tol Boyolali Bertambah

Dengan filosofi tersebut, lanjut Bambang Pacul, harapannya PDI Perjuangan bisa menang spektakuler pada Pemilu 2024.

PDI Perjuangan sendiri disebut akan menjadi parpol pertama yang mendaftar secara resmi sebagai peserta Pemilu 2024 ke KPU, besok. Hal itu dilakukan atas instruksi Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Pendaftaran direncanakan dilakukan dengan berjalan kaki ke kantor KPU.

Prosesi pendaftaran akan dipimpin Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuriyanto. Dalam agenda besok akan dilakukan penandatanganan berita acara, verifikasi parpol secara simbolis, serta penyerahan beberapa dokumen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya