SOLOPOS.COM - Roller Barrier/Glanztech

Solopos.com, SOLO – Jika pembaca melintas ke arah Tawangmangu hingga Kabupaten Magetan pasti akan menyaksikan peranti yang satu ini. Ya, roller barrier terpasang di sejumlah tikungan di daerah Tawangmangu dan Magetan sebagai pengaman. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat kawasan Tawangmangu-Magetan termasuk jalur padat dan rawan kecelakaan sehingga perlu pemasangan roller barrier.

Dikutip mainroads.wa.gov.au, Senin (15/3/2021), roller barrier berguna untuk menahan laju kendaraan. Roller yang terpasang juga mampu menyerap benturan dan mengalihkan sehingga kendaraan tidak melompat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Roller barrier terpasang sebagai pembatas dengan bentuk hampir mirip dengan guard rail. Bedanya roller barrier terdapat bundaran atau silinder putar di bagian tengahnya. Seperti guard rail, pagar roller barrier terpasang di area rawan seperti tebing atau jurang.

Baca Juga : Bahasa Indian Navajo Dipakai Untuk Nama Cluster Batu Di Planet Mars

Kendaraan yang hilang kendali dan membentur roller barrier akan dialihkan kembali masuk jalur. Silinder akan otomatis berputar untuk mendorong kendaraan agar kembali ke jalur. Silinder putar juga mengubah energi kejut dari laju kendaraan yang menabrak menjadi energi rotasi.

Kelebihan dari roller barrier adalah biaya perawatan yang murah dan mudah. Saat ini ada Evolution in Traffic Innovation sebagai pemilik paten produksi roller barrier. Alat keselamatan ini awalnya banyak dipasang di jalan di Korea Selatan dan Australia. Semua produk roller barrier yang akan dipasang termasuk di jalur Tawangmangu-Magetan sudah lolos prakualifikasi produk.

Biasanya saat kendaraan menabrak pembatas tetap akan menjebol pembatas jalan dan masuk jurang. Namun dengan sistem roller barrier ini, silinder bundar akan membantu kendaraan kembali ke jalan saat menabrak penggulung secara lateral. Jadi setelah tahu fungsinya, jangan coba iseng behenti dan berswafoto di pagar roller barrier ya Sob.

Baca Juga : Helm Polantas Dilengkapi Kamera, Siap Rekam Pelanggaran Lalu Lintas

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya