Rojolele Srinuk dan Srinar, Padi Varietas Baru Unggulan Klaten

Varietas Rojolele Srinuk dan Srinar memiliki usia panen lebih singkat dan batang yang lebih pendek dibandingkan varietas padi rojolele pada umumnya.
Rojolele Srinuk dan Srinar, Padi Varietas Baru Unggulan Klaten
SOLOPOS.COM - Infografis Rojolele (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, KLATEN—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menggalakkan penanaman varietas padi Rojolele Srinuk dan Srinar. Varietas lokal unggulan Klaten itu memiliki usia panen lebih singkat dan batang yang lebih pendek dibandingkan varietas padi rojolele pada umumnya.

Ketinggian tanaman padi rojolele varietas Srinuk dan Srinar sekitar 113 sentimeter dengan usia tanam hingga panen 120 hari.  Umur varietas padi rojolele indukan atau sebelumnya berkisar 150-155 hari dengan ketinggian tanaman bisa mencapai 146-155 sentimeter. Kualitas beras yang dihasilkan Rojolele Srinuk dan Srinar tetap pulen dan wangi.

Hingga kini luas tanam padi Rojolele Srinuk dan Srinar di Klaten sekitar 150 hektare (ha). Luasan lahan itu tersebar di beberapa kecamatan seperti Kalikotes, Polanharjo, Delanggu, Wonosari, Juwiring, Karanganom, Trucuk, Ceper, Jogonalan, Manisrenggo, serta Klaten Selatan.

Infografis Rojolele (Solopos/Whisnupaksa)
Infografis Rojolele (Solopos/Whisnupaksa)

 

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago