Rocky Gerung: Perusahaan BUMN Bangkrut, Erick Malah Gerilya Capres

PT PLN (Persero) saat ini dipimpin Darmawan Prasodjo yang merupakan kader PDIP.
SHARE
Rocky Gerung: Perusahaan BUMN Bangkrut, Erick Malah Gerilya Capres
SOLOPOS.COM - Menteri BUMN Erick Thohir dalam acara Digital Technopreneur Fest, yang digelar BPP Hipmi dan Kementerian Investasi, Jumat (19/11/2021). (Liputan6.com)

Solopos.com, JAKARTA — Pengamat politik Rocky Gerung menyoroti sepak terjang Menteri BUMN Erick Thohir yang dinilainya gencar bergerilya politik demi Pilpres 2024 di saat banyak perusahaan BUMN terancam bangkrut.

Manuver Erick itu, kata Rocky, di antaranya mulai masuk ke sejumlah organisasi kemasyarakatan dan partai politik.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

“Erick safari politik di saat banyak perusahaan BUMN satu persatu menuju bangkrut,” kritik Rocky sebagaimana dikutip Solopos.com dari kanal Youtube Rocky Gerung Official berjudul KADER PDIP JADI DIRUT PLN. DOWN PAYMENT TICKET PENCAPRESAN ERICK THOHIR?, Selasa (7/12/2021).

Akibat aksinya yang sering bermanuver politik, visi Erick soal BUMN dinilai Rocky Gerung sudah berantakan.

“Visinya soal BUMN sudah berantakan. tapi dia bisa bilang ‘ini visi kan Presiden kami hanya dapat penugasan bangun ini itu, kalau gagal ya sudah’,” lanjut Rocky.

Rocky yang berulang kali dilaporkan ke polisi atas sikap kritisnya kepada pemerintah memberikan alasannya.

Erick, kata dia, sudah bertemu dengan beberapa tokoh politik dan ormas yang disebutnya sebagai manuver menuju 2024.

“Ia (Erick Thohir) ingin memastikan dirinya ada di semua survei. Jadi semua lini ia masuki. Dia ketemu PKB, NU, ya tinggal ngasih ke PDIP semacam komisaris-komisaris. Kan di daerah juga banyak BUMD. Jadi tim suksesnya sudah terbentuk, dari sukarelawan, tinggal poles-poles dikit.” tudingnya.

Baca Juga: Dilaporkan ke Polisi Lagi, Rocky Gerung: Cebong Konyol! 

Menurutnya, kini Erick Thohir sedang mengambil hati PDIP dengan memberi jabatan Direktur Utama PLN kepada kader partai banteng, Darmawan Prasodjo. Darmawan diangkat sebagai Dirut PLN menggantikan Zulkifli Zaini, Selasa (7/12/2021).

“Penilaian publik tidak bisa dibantah bahwa pengangkatan itu sangat politis. Mungkin Erick tidak berkutik kalau ditekan oleh PDIP. Yang harus diangkat si ini, agar baliho anda nanti bisa didampingkan dengan baliho Puan (Puan Maharani). Mungkin begitu kalau kita mau kasar-kasaran,” kata Rocky lagi.

Bentuk manuver itu, dikatakan dia, dilakukan dengan bagi-bagi jabatan komisaris kepada pihak-pihak yang berpotensi mendukungnya saat maju dalam Pilpres 2024.

“Jabatan itu (Dirut PLN) itu semacam porsekot Erick kepada Megawati. Tidak analisis lain selain undertabel transaction. Setelah ini mungkin Megawati akan menyebut nama Erick Thohir,” tudingnya.

Di saat yang sama, mantan pemilik klub sepak bola Inter Milan itu juga mendatangi berbagai kelompok masyarakat yang berpotensi mendukungnya sebagai capres. Termasuk ke tubuh PBNU yang kini sedang bersiap untuk melakukan muktamar ke-34.

“Saya membacanya muktamar NU itu menjadi tarik menarik kepentingan antara Megawati dan Pak Jokowi. PDIP lebih condong ke Said Aqil Shiroj sedangkan Istana lebih ke Kiai Staquf (K.H. Yahya Cholil Staquf),” ujarnya.

Dalam berbagai kesempatan sebelumnya, Erick Thohir membantah sedang bermanuver untuk menjadi capres. Meskipun tidak menolak jika nantinya dilamar sebagai capres, Erick menyatakan apa yang dilakukannya saat ini adalah memperbaiki kinerja BUMN.

“Saya bekerja untuk bangsa dan negara. Saya tidak peduli banyak yang nyinyir ke sana. Saya fokus aja,” tandasnya.

Politikus PDIP

Untuk diketahui, PT PLN (Persero) saat ini dipimpin Darmawan Prasodjo yang merupakan kader PDIP. Darmawan Prasodjo, Ph.D. yang lahir pada 19 Oktober 1970 adalah seorang politikus PDIP.

Sebelum menjadi Direktur Utama PLN, Darmawan menjabat sebagai Wakil Direktur Utama PLN sejak 23 Desember 2019.

Darmawan juga pernah menjabat sebagai Deputi I Kantor Staf Presiden (KSP) sejak 2 April 2015 hingga 18 Oktober 2019.

Ia menjadi tim ahli pasangan Jokowi-JK yang bertugas memberikan masukan saat debat capres-cawapres pada Pilpres 2014.

Pergantian direksi kali ini diselenggarakan lewat hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN melalui Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada Selasa (7/12/2021).



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago