SOLOPOS.COM - Dua siswi MTsN 5 Sragen, Azizah Lawaristu dan Aishita Yuliana Puspitasari, memamerkan robot pintar buatan mereka, Masbot. (Istimewa)

Solopos.com, SRAGEN — Dua siswi kreatif asal MTsN5 Sragen, Azizah Lawaristu dan Aishita Yuliana Puspitasari, berhasil tampil di ajang robotik internasional berkat karyanya. Dua siswi kelas IX itu berhasil membuat robot pintar bernama Masbot.

Robot ini bisa melakukan sejumlah hal. Mulai dari mengukur suhu tubuh siswa, sterilisasi barang milik siswa, mengeluarkan hand sanitizer secara otomatis, penyemprot desinfektan, hingga berjalan sesuai jalur dengan dipandu sensor.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Lantas butuh berapa lama pembuata Masbot?

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut Azizah, perlu waktu sekitar dua pekan untuk merakit Masbot. Ia dibantu rekannya Aishita dan guru pembimbing, Marfuah. “Butuh waktu 2 minggu untuk merakit robot itu. Dari proses penciptaannya, hingga membuat chasing box-nya,” kata Azizah, seperti dikutip Solopos.com dari lama situs resmi Pemkab Sragen, Rabu (27/10/2021).

Baca Juga: 2 Siswi MTsN 5 Sragen Bikin Robot Pintar, Sukses di Event Internasional

Dari awal sampai selesai, Aziziah memerinci pembuatan robot itu menghabiskan biaya sekitar Rp5 juta. Robot itu ditopang dua komponen utama adalah satis dan sutis yang berharga Rp3 juta.

Masbot sukses menjadi finalis di Madrasah Robotic Competition (MRC) tahun 2021 yang diselenggarakan Kementerian Agama (Kemenag) RI. Kompetisi robot ini digelar di ICE (Indonesia Convention Exhibition) BSD, Tangerang Selatan, Minggu (17/10/2021).

Cuma itu? Tentu tidak. Masbot juga berhasil menembus babak semifinal di ajang Asean Robotic Day pada September lalu. Bahkan, robot karya Azizah dan Aishita itu kini diproyeksikan kembali diikutkan di ajang nasional dan internasional dalam waktu dekat ini.

Baca Juga: Raih 74 Piagam Juara, Siswa SMAN 1 Sragen Ini Pecahkan Rekor Muri

Guru pembimbing, Marfuah, menyampaikan robot itu rencananya dikirim untuk berkompetensi di ajang robotika di Universitas Islam Indonesia Syarif Hidayatullah Jakarta. Ia berharap robot itu bisa meraih prestasi terbaik di ajang nasional tersebut.

“Kalau enggak salah, nanti sekitar bulan November,” kata dia.

Saat ini robot itu tengah dipersiapkan untuk mengikuti lomba kompetisi Robotic di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta pada November 2021 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya