SOLOPOS.COM - Final Piala AFF U-16 2022 Vietnam vs Indonesia. (Vidio)

Solopos.com, SOLO—Tidak salah jika Indonesia dan Vietnam tampil di final  Piala AFF U-16 2022. Kedua kesebelasan sangat produktif mencetak gol dari babak penyisihan hingga semifinal.

Indonesia paling produktif dengan total mencetak 14 gol. Sedangkan Vietnam menyusul di belakangnya dengan 13 gol.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kemenangan terbesar Garuda Asia terjadi ketika meluluhlantahkan Singapura 9-0. Sebelumnya, pada laga perdana, Indonesia masih sempurna dengan mengalahkan Filipina 2-0.

Baca Juga: Jadwal dan Live Streaming Final Piala AFF U-16 Vietnam vs Indonesia

Namun pada laga penyisihan grup ketiga, tim arahan Bima Sakti kebobolan. Adalah Vietnam yang merobek jala gawang Indonesia meskipun pada akhir laga Merah Putih menang tipis 2-1.

Kemenangan itu membuat Indonesia melangkah ke semifinal sebagai juara Grup A dan melawan Myanmar yang keluar sebagai juara Grup C.

Tidak mudah melewati Myanmar. Indonesia yang kebobolan terlebih dulu akhirnya mampu memaksakan adu penalti setelah skor imbang 1-1 di waktu normal. Beruntung Indonesia mampu melewati adu tos-tosan dengan skor 5-4.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-16 Sempurna, Begini Cara Bima Bangun Mental Pemain

Sementara Vietnam mengawali  kampanye di penyisihan Grup A dengan mengalahkan Singapura 5-1. Pesta gol kembali terjadi saat Vietnam membantai Filipina dengan skor 5-0.

Kemenangan Vietnam akhirnya terhenti di kaki Indonesia. Unggul lebih dulu, Vietnam akhirnya menyerah di Stadion Maguwoharjo Sleman 1-2.

Meski hanya menempati posisi kedua Grup A, namun Vietnam berhak lolos ke semifinal karena menjadi runner-up terbaik dibandingkan negara lainnya di Grup B maupun Grup C.

Baca Juga: Ingin Juara Piala AFF U-16, PSSI Hadirkan Orang Tua Pemain ke Stadion

Ketajaman Vietnam kembali diperlihatkan saat semifinal. Menghadapi Thailand yang merupakan juara Grup B, Vietnam menang dua gol tanpa balas atas tim remaja Gajah Perang.

Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti mengatakan kemenangan  atas Vietnam dalam fase grup Piala AFF U-16 bukan patokan untuk pertemuan kembali kedua tim dalam final. Bima meminta pemain-pemainnya tidak terlena oleh kemenangan dalam fase grup karena Vietnam akan tampil berbeda ketika bertanding dalam final.

“Jadi kami harus lebih fokus, bekerja keras dan militan daripada Vietnam,” kata Bima Sakti di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (10/8) malam, seperti dikutip dari Antara.

 

Road To Final Piala AFF U-16 2022 Indonesia dan Vietnam:

INDONESIA

Penyisihan Grup A

Indonesia vs Filipina: 2-0

Singapura vs Indonesia: 0-9

Indonesia vs Vietnam: 2-1

(Lolos ke semifinal sebagai juara grup)

 

Semifinal



Indonesia vs Myanmar: 5-4 (1-1)

 

VIETNAM

Penyisihan Grup A

Vietnam vs Singapura:  5-1

Filipina vs Vietnam: 0-5

Indonesia vs Vietnam: 2-1

(Lolos ke semifinal sebagai runner-up terbaik)

 

Semifinal

Thailand vs Vietnam: 0-2

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya