Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Ritual Kendi Nusantara di Ibu Kota Baru, Berbau Klenik?

Apa makna Ritual Kendi Nusantara yang digelar Presiden Jokowi di lokasi ibu kota baru, Nusantara.
SHARE
Ritual Kendi Nusantara di Ibu Kota Baru, Berbau Klenik?
SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo akan menggelar seremoni ritual Kendi Nusantara dengan mengumpulkan 34 tanah dan air yang dibawa oleh 34 gubernur se-Indonesia di titik nol IKN Nusantara pada Senin (14/3/2022). (Antara)

Solopos.com, SOLO — Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin Ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Baru, Nusantara, Senin (14/3/2022). Lantas apa makna ritual ini? Apakah termasuk ritual berbau klenik?

Ritual ini dilakukan dengan cara menyatukan air dan tanah dari 34 provinsi di Indonesia. Air tersebut sebelumnya telah dibawa oleh gubernur dari setiap provinsi.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, mengatakan, prosesinya dilakukan dengan para gubernur membawa tanah dan air setiap wilayah di titik yang telah ditentukan.

“Nanti di sana para gubernur akan menyerahkan kepada Bapak Presiden dan Bapak Presiden akan menuangkan di gentong yang sudah kami siapkan menjadi satu dari 34 provinsi,” ujar dia melalui keterangan resminya.

Baca juga: 1 Gubernur Pingsan saat Hadiri Prosesi Kendi Nusantara di Titik Nol IKN

Tanah yang dimasukkan ke dalam gentong tersebut kemudian diberi air dan dilebur ke lahan IKN. Selanjutnya presiden bersama dengan para gubernur dan tokoh masyarakat setempat melakukan prosesi Ritual Kendi Nusantara untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT.

“Intinya adalah kita berdoa dan tentunya memohon kepada Allah SWT, supaya program yang besar ini bisa berjalan dengan baik dan tentunya semua elemen masyarakat bisa mendukung,” kata Heru.

Selepas acara tersebut, Presiden Jokowi bersama para gubernur dijadwalkan melakukan penanaman pohon bersama di lokasi yang tak jauh dari tugu titik nol kilometer. Dalam kesempatan tersebut, setiap gubernur akan menanam pohon khas daerahnya masing-masing.

Baca juga: Penampakan Jokowi Berkemah di Titik Nol IKN Nusantara

Pada malam harinya, Presiden Jokowi direncanakan untuk berkemah di lokasi IKN sebelum melanjutkan agenda kerja keesokan harinya. Tenda untuk kemah itu didirikan di lokasi titik nol IKN yang di sekelilingnya berupa hutan.

Dalam kunjungan kerja ini, presiden akan didampingi oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Apa Itu Ritual Kendi Nusantara yang Dilakukan Presiden Jokowi di IKN? 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode