SOLOPOS.COM - Ilustrasi dompet digital. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA–Dompet digital atau e-wallet semakin menjadi pilihan masyarakat dalam bertransaksi. Selain menyediakan kelengkapan dan kemudahan bertransaksi, juga memberikan reward lainnya bagi para pengguna.

Lantas, dompet digital mana yang menjadi favorit masyarakat Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Perusahaan riset pemasaran InsightAsia melibatkan 1.300 responden di tujuh kota besar di Indonesia, yakni Jabodetabek, Bandung, Medan, Makassar, Semarang, Palembang, dan Pekanbaru dengan periode survei 19–30 September 2022 menghasilkan lima dompet digital atau e-wallet paling favorit.

Selain itu, hasil riset bertajuk Consistency That Leads: 2023 E-Wallet Industry Outlook merupakan gagasan di bulan Fintech Nasional.

Ekspedisi Mudik 2024

Berikut lima dompet digital favorit masyarakat Indonesia:

Baca Juga: Tinggal Scan, Sedekah di Masjid-Masjid Karanganyar Kini Bisa Nontunai

1. GoPay

Research Director InsightAsia Olivia Samosir mengungkapkan bahwa GoPay yang merupakan dompet digital milik Gojek dengan merek milik PT Dompet Anak Bangsa itu menjadi platform dompet digital yang secara konsisten paling banyak digunakan oleh konsumen.

Tidak hanya itu, Olivia menuturkan bahwa penggunaan pertama GoPay juga dapat ditelusuri sejak lebih dari 5 tahun terakhir sampai saat ini.

“Sebagian besar pengguna dompet digital pernah menggunakan GoPay sebanyak 71% dan terus setia menggunakan sampai saat ini sebesar 58%,” ungkap Olivia dalam keterangan tertulis, Senin (28/11/2022).

2. OVO

Peringkat kedua dari riset InsightAsia, yakni dompet digital OVO milik PT Visionet Internasional menempati posisi kedua dengan 70% responden menyatakan pernah menggunakan OVO.

Lalu, sebanyak 53% juga menyatakan telah menggunakan Ovo dalam tiga bulan terakhir.

3. DANA

Peringkat ketiga ditempati PT Espay Debit Indonesia Koe (DANA).

Perusahaan patungan Emtek Group dan Lazada dalam bisnis dompet digital ini mampu memikat pelanggan dengan persentase mencapai 61% responden yang menyatakan pernah menggunakan Dana.

Namun demikian, Dana tidak termasuk dalam tiga besar kategori penggunaan dalam 3 bulan terakhir.

Posisi Dana berada di urutan keempat dengan angka mencapai 45 persen.

4. Shopeepay

Peringkat keempat yakni Shopeepay yang merupakan layanan finansial digital milik Sea Group juga telah digunakan oleh 60% responden untuk kategori pernah digunakan, sedangkan sebanyak 51% responden menggunakan ShopeePay dalam 3 bulan terakhir sekaligus menyalip Dana.

5. LinkAja

Sedangkan LinkAja di urutan kelima yang mencapai 27% menyatakan sering digunakan responden dan sebanyak 13% digunakan dalam 3 bulan terakhir.

Olivia menjelaskan bahwa dengan konsistensi dalam menyampaikan atau memenuhi kebutuhan-kebutuhan konsumen kemudian menciptakan consumer experience atau pengalaman konsumen yang menyenangkan dan membuat konsumen setia untuk terus menggunakan brand tersebut.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul 5 Dompet Digital Favorit Konsumen, dari GoPay hingga ShopeePay



 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya