SOLOPOS.COM - Bek Manchester United, Rio Ferdinand, akhirnya memutuskan mengakhiri kariernya bersama Timnas Inggris. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

Bek Manchester United, Rio Ferdinand, akhirnya memutuskan mengakhiri kariernya bersama Timnas Inggris. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

LONDON – Bek Mancheseter United, Rio Ferdinand, akhirnya memutuskan untuk mengakhiri kariernya bersama Timnas Inggris.

Ferdinand, yang telah memenangi enam gelar Liga Premier Inggris bersama Manchester United, berencana memperpanjang kontraknya di Old Trafford, akhir musim ini. Bek 34 tahun ini ingin lebih berkonsentrasi di klub dibanding memperdalam kariernya di level Timnas.

Ferdinand telah mengoleksi 81 caps bersama timnas. Ia tak dipanggil saat Inggris tampil di bawah arahan Roy Hodgson pada Piala Eropa 2012 lalu, karena saat itu tengah bersitengang dengan pemain Inggris lainnya, John Terry.

Kendati demikian, setelah Terry memutuskan pensiun, Ferdinand kembali mendapat tempat pada kualifikasi Piala Dunia 2012, Maret lalu. Namun, Ferdinand memutuskan untuk tak menerima panggilan tersebut dengan alasan masalah kebugaran akibat cedera punggung, yang pernah mengganggunya beberapa waktu lalu.

Dan kini, setelah melalui pemikiran yang panjang, Ferdinan akhirnya memutuskan untuk mengakhiri kariernya bersama skuat Tiga Singa.

“Setelah melalui banyak pemikiran, akhirnya saya memutuskan saat ini adalah waktu yang tepat untuk pensiun dari sepak bola internasional,” ujar Ferdinand.

“Pada usia 34 tahun, saya merasa lebih tepat bagi saya berdiri di samping dan membiarkan para pemain muda datang, di mana hal ini memungkinkan saya untuk lebih berkonsentrasi pada karier klubku. Tim tampak dalam kondisi baik dan dengan masuknya para pemain muda, para pemain bertalenta berdatangan melalui ranking yang menjadi pertanda masa depan yang lebih baik.”

“Saya menganggapnya sebagai kehormatan besar dan kebanggaan mewakili negaraku di setiap level mulai dari U17. Saya selalu bangga bermain untuk Inggris. Saya berharap agar Roy [Hodgson, manajer Inggris] dan semua tim mendapatkan yang terbaik pada turname mendatang.”

“Saya mengucapkan terima kasih yang besar untuk seluruh fans, manajer, staff pelatih dan para pemain, yang telah bekerja bersama saya, dalam petualang yang luar biasa.”

Ferdinand tercatat sebagai bek termuda yang pernah bermain untuk Inggris. Bek 34 tahun itu tampil kali pertama bersama Timnas Inggris saat usianya menginjak 19 tahun. Saat itu, Inggris tampil menghadapi Kamerun di Stadion Wembley, London, pada 1997 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya