SOLOPOS.COM - Ridwan Kamil bersama putrinya Camillia Laetitia Azzahra dan istri Atalia Praratya melepaskan setangkai bunga berwarna merah muda ke Sungai Aare. (Twitter)

Solopos.com, BANDUNG—Adik kandung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman, gantian memantau pencarian Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril di Sungai Aare, Swiss. Pencarian terus dilakukan meskipun keluarga sudah ikhlas dan meyakini Eril sudah meninggal karena tenggelam saat berenang di Sungai Aare.

Elpi Nazmuzzaman mengatakan sudah berada di Swiss. “Saya melanjutkan pemantauan dan hal-hal yang diperlukan mencari Emmeril,” katanya dalam jumpa pers secara daring di Bandung, Jumat (3/6/2022), seperti dikutip Bisnis.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurutnya, setelah berkonsultasi dengan KBRI Bern saat pencarian sudah memasuki hari keenam, kepolisian mengubah status pencarian Eril dari hilang menjadi tenggelam. Elpi juga mengaku langsung meminta pihak keluarga di Bandung untuk segera mengonsultasikan hal tersebut kepada MUI.

Baca Juga: Bikin Haru, Pesan Atalia Kamil: Ril, Mamah Pulang Dulu ke Indonesia Ya…

“Pihak kepolisian menyatakan ini pada situasi bahwa laporan bukan hilang tapi karena hanyut,” ujarnya.

Elpi Nazmuzzaman memastikan meski Ridwan Kamil dan istri serta keluarga besar sudah mengikhlaskan kepergian Eril, pencarian tidak akan dihentikan dan terus dilanjutkan.

“Status ini tidak merubah harapan keluarga terhadap pencarian Eril, dan berharap bisa bertemu Eril dalam keadaan apapun yang diridai Allah SWT,” tuturnya.

Baca Juga: Ajak Doakan Eril, UAH Anjurkan Baca Surat Al Fatihah dan Al An’am 59

Pencarian Tim SAR dengan metode menggunakan anjing pelacak diharapkan bisa menemukan titik terang terkait keberadaan Eril dalam kondisi apapun. Kakak kandung Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman mengatakan pihak keluarga sudah melihat evaluasi dan menyimak seluruh proses yang bisa dilakukan termasuk upaya pencarian secara mandiri.

“Sehingga secara ikhtiar itu dipastikan dilakukan semua secara maksimal berdasarkan situasi kondisi yang ada. Termasuk tadi disampaikan otoritas setempat sudah menggunakan pencarian yang memang spesifik untuk mencari jenazah,” paparnya.

Ridwan Kamil dan keluarga tiba di rumah dinas Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (3/6/2022) malam, setelah menempuh perjalanan pulang dari Swiss.

Baca Juga: Ridwan Kamil Tiba di Bandung, Keluarga Minta Waktu dan Privasi 

“Alhamdulillah, Kang Emil, Teh Lia (Atalia), dan Zara (anak kedua Ridwan Kamil), sudah berada di Tanah Air. Tadi mendarat sekitar jam 15.30 WIB,” kata kakak kandung Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman di Gedung Pakuan, dikutip dari Antara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya