SOLOPOS.COM - Emmeril Khan Mumtadz (Instagram)

Solopos.com, BERN — Rasa syukur diungkapkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, setelah jenazah putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, ditemukan. Dia menyebut ada mukjizat pada jasad anaknya yang ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu sangat bersyukur diberi kesempatan untuk memakamkan jenazah sang anak dengan sempurna. Hal itu dia sampaikan melalui akun Instagram pribadinya, @ridwankamil, Jumat (10/6/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Alhamdulillah. Akhirnya Allah memberikan kesempatan saya untuk kembali memeluk, membelai, dan memandikan anak saya sesuai syariat Islam. Juga mengazankan dengan sempurna di telinganya, persis seperti saat Eril lahir,” jelasnya.

Dia mengatakan jasad sang anak yang hilang selama dua pekan ditemukan masih utuh dan berbau wangi. Bau harum semerbak itu disebut seperti aroma eucalyptus.

“Masyaallah, walau sudah lewat 14 hari, jasadnya masih utuh, lengkap tidak kurang satu apapun. Wajah rapi menengok ke kanan dan saya bersaksi, jasad Eril wangi. Seperti wangi daun Eucalyptus. Sungguh mukjizat kecil yang sangat kami syukuri,” sambung dia.

Baca juga: Jasad Eril Ditemukan di Bendungan Engehalde Swiss, Hanyut 5,1 Km

Ridwan Kamil tak hentinya bersyukur dapat melihat jasad sang anak untuk kali terakhir. Dia menjemput langsung jasad Eril bersama asistennya.

“Maha Besar Allah. Atas izin-Mu, selama 14 hari Sungai Aaree benar-benar melindungi dan mensucikan jasadnya dari marabahaya,” tutup dia.

Jasad Eril Ditemukan

Diberitakan sebelumnya, jenazah Eril ditemukan setelah dua pekan dinyatakan hilang sejak Kamis (26/5/2022). Setelah dua pekan melaukan pencarian, Kepolisian Bern mengumumkan penemuan jenazah Eril pada Rabu (8/6/2022) puku 06.50 waktu setempat atau Kamis (9/6/2022) WIB.

“Polisi wilayah Bern dilaporkan bahwa seorang pria tak bernyawa tergeletak di air di Bendungan Engehalde di Bern. Spesialis dari polisi maritim dari Polisi Bern dapat menemukan mayat di cekungan limpahan bendung dan kemudian menyelamatkannya. Hanya bisa dipastikan bahwa pria itu sudah meninggal,” tulis keterangan dari Polisi Bern.

Baca juga: Atalia Ungkap Kondisi Jenazah Eril Saat Ditemukan: Tersenyum dan Wangi

Dubes RI untuk Swiss, Muliaman Hadad, menjelaskan proses penemuan jenazah Eril. Muliaman mengungkapkan jasad yang ditemukan polisi setempat terkonfirmasi adalah jenazah Eril berdasarkan tes DNA.

Aturan di Swiss, polisi harus menyerahkan keputusan penyerahan jenazah yang ditemukan ke pengadilan. Penyerahan jenazah ke keluarga telah diputuskan oleh pengadilan setempat. Keluarga bakal menerima jenazah.

Jenazah Eril dijemput langsung oleh sang ayah, Ridwan Kamil, untuk diterbangkan ke Indonesia. Selanjutnya prosesi pemakaman dilakukan di Bandung pada Senin (13/6/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya