SOLOPOS.COM - BTS jadi salah satu selebritas paling berpengaruh di Asia-Pasifik. (Forbes)

Solopos.com, JAKARTA-- Daftar perdana 100 Bintang Digital Forbes Asia yang diluncurkan, Selasa (8/12/2020), menyoroti selebritas dari seluruh wilayah Asia Pasifik yang telah menggemparkan dunia digital.

Daftar 100 Bintang Digital Forbes Asia menampilkan 100 penyanyi, band, bintang film dan TV dengan kehadirannya di media sosial yang kuat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dengan jutaan pengikut di seluruh platform populer, para selebritas ini telah mempertahankan relevansi dan popularitas mereka di tengah periode yang menantang dengan memanfaatkan kekuatan media sosial. Banyak juga yang menggunakan pengaruhnya untuk mendukung tujuan yang bermanfaat, terutama yang memiliki fokus pada isu Covid-19.

“Daftar 100 Bintang Digital pertama Forbes Asia sangat relevan. Artis mengandalkan platform media sosial untuk terhubung dan berkomunikasi dengan penggemar, terutama jika tidak ada hiburan langsung karena pembatasan Covid-19 di seluruh wilayah,” kata Rana Wehbe Watson, editor daftar tersebut, seperti dikutip Bisnis.com, Rabu (9/12/2020).

Ke-100 selebritas yang disorot dalam daftar tersebut berusia antara 20 hingga 78 tahun, membuktikan bahwa pengaruh media sosial adalah fenomena lintas generasi. Di antara wajah-wajah menonjol dalam daftar ini adalah BTS, band beranggotakan tujuh orang dari Korea Selatan.

Salah satu grup musik paling sukses di dunia, dengan lebih dari 33 juta followers Instagram, lagu BTS "Dynamite" dilaporkan membuat sejarah YouTube sebagai video pertama yang mendapatkan lebih dari 100 juta views dalam waktu 24 jam setelah diunggah.

Vaksin Covid-19 Tiba, Apakah Pandemi Segera Berakhir?

Bollywood

Dari China, dengan hampir 110 juta penggemar Weibo, aktris dan penyanyi Yang Mi memiliki banyak kesepakatan endorsement yang mencakup Crocs, Estée Lauder, Stuart Weitzman, dan Victoria's Secret. Pada 2019, Yang dinobatkan sebagai Aktris Super IP di China Literature Awards dan pada Januari dinobatkan sebagai Weibo Goddess oleh Weibo Awards.

Aktor dengan bayaran tertinggi Bollywood, Akshay Kumar juga merupakan salah satu bintang India dengan lebih dari 131 followers di Facebook, Instagram, dan Twitter.  Sebagai seorang dermawan, Kumar menyumbangkan US$4 juta untuk bantuan Covid-19 di India dan mengambil bagian dalam konser penggalangan dana "I For India" di Facebook Live pada bulan Mei, yang berhasil mengumpulkan U$7 juta untuk GiveIndia Covid-19.

Selebritas satu ini sudah memiliki fanbase yang solid bahkan sebelum sosial media menjadi indikator penting kesuksesan mereka.

Dikenal sebagai raja Mandopop, Jay Chou adalah artis dari Taiwan engan lebih dari 6 juta followers Instagram. Tahun ini, Chou meluncurkan travel show di Netflix berjudul J-Style Trip dan, pada bulan Juni, perilisan single barunya "Mojito" menyebabkan layanan streaming musik QQ Music sempat mengalami crash karena traffic yang tinggi. Pada bulan Januari, Chou dan istrinya menyumbangkan US$455.000 untuk mendukung pekerja medis garis depan di Wuhan.

Salah satu komedian terkemuka Jepang, Naomi Watanabe adalah selebritas Jepang dengan followers terbanyak di Instagram, lebih dari 9 juta followers. Video musik parodi terbarunya tentang Ariana Grande dan "Rain On Me" Lady Gaga mengumpulkan lebih dari 19 juta views di YouTube hanya dalam tiga bulan.

Kerja Sama Mematahkan Hoaks Seputar Vaksin Covid-19

Agnez Mo

Dari Filipina, dengan lebih dari 19 juta followers, aktris Angel Locsin adalah selebriti terpopuler kedua di Facebook setelah Marian Rivera-Dantes. Locsin diketahui menyumbangkan sekitar US$310.000 selama dekade terakhir untuk berbagai tujuan amal, membuatnya mendapatkan tempat di daftar Pahlawan Filantropi Forbes Asia 2019. Baru-baru ini, Locsin membantu mengumpulkan 11,3 juta peso untuk pembelian 246 tenda rumah sakit bagi pekerja medis yang memerangi pandemi.

Dari Tanah Air ada selebritas ternama seperti Agnez Mo, Rich Brian, hingga Cinta Laura juga masuk daftar ini.

Bintang terkenal lainnya dalam daftar termasuk bintang Hollywood Hugh Jackman dan Chris Hemsworth; bintang laga Donnie Yen; Girl band K-Pop Blackpink dan aktor Lee Min-ho dari Korea Selatan; Kris Wu dan Dilraba Dilmurat dari China; Shah Rukh Khan dan Alia Bhatt dari India, serta penyanyi-penulis lagu Singapura JJ Lin.

Untuk menentukan finalis, Forbes Asia mengevaluasi jangkauan dan keterlibatan media sosial para kandidat. Proyek terbaru mereka, dampak dan advokasi, brand endorsement dan bisnis, dan pengakuan profil mereka di tingkat lokal, regional dan global juga dipertimbangkan. Hanya mereka yang aktif dalam film, musik, dan TV yang memenuhi syarat untuk menjadi kandidat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya