SOLOPOS.COM - Sejumlah warga menikmati nasi tumpeng saat Tumpengan Bersama Masyarakat yang digelar Pemkab Purbalingga dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-189 Purbalingga, Rabu (18/12/2019). (Antara-Sumarwoto)

Solopos.com, PURBALINGGA — Pemkab Purbalingga, Rabu (18/12/2019), menggelar Tumpengan Bersama Masyarakat dalam rangka memperingati hari jadi ke-189 Purbalingga. Ribuan warga pun beramai-ramai menyantap 189 nasi tumpeng yang disajikan.

Mereka tidak sungkan makan 189 nasi tumpeng itu bersama Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, Ketua DPRD Kabupaten Purbalingga Bambang Irawan, dan pejabat lainnya di tenda yang didirikan di tengah Jl. Jenderal Soedirman Timur, Purbalingga, seusai acara Pahargyan Agung dan Kirab Pusaka.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Salah seorang warga Purbalingga, Slamet, mengaku senang mengikuti kegiatan Tumpengan Bersama Masyarakat itu. “Kapan lagi kami bisa makan tumpeng bersama bupati dan para pejabat. Semoga dengan sajian nasi tumpeng di hari jadinya yang ke-189, Purbalingga makin maju,” katanya.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia mengharapkan Tumpengan Bersama Masyarakat itu bisa menjadi agenda rutin Pemkab Purbalingga. Sementara itu, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan dalam rangka memperingati hari jadi Ke-189 Purbalingga, pemkab menggelar berbagai kegiatan selama satu bulan penuh.

“Hari ini, tanggal 18 Desember, tepat memperingati Hari Jadi Ke-189 Kabupaten Purbalingga. Bertepatan dengan hari jadi, kegiatan hari ini sudah dilakukan Panghargyan Agung di Pendapa Dipokusumo yang dilanjutkan dengan Kirab Pusaka memutar Alun-Alun Purbalingga,” katanya.

Ia mengatakan kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pesta rakyat berupa makan tumpeng bersama dengan masyarakat. Ia mengatakan jumlah tumpeng yang disajikan 189 buah sesuai dengan usia Kabupaten Purbalingga yang sudah mencapai 189 tahun.

“Ini dilakukan sebagai wujud berbagi kebahagiaan dengan masyarakat Kabupaten Purbalingga,” katanya. Ia mengakui perayaan hari jadi identik dengan sajian nasi kuning sehingga dibuat tumpeng dari nasi kuning yang merupakan sumbangan masyarakat dari berbagai desa di Purbalingga.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya