SOLOPOS.COM - Poster film Jenderal Soedirman (Istimewa)

TNI dan Dinas Pendidikan Kabupaten Temanggung mengajak para pelajar nonton film Jenderal Soedirman.

Kanalsemarang.com, TEMANGGUNG-Ribuan pelajar dan guru di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menyaksikan film Jenderal Soedirman di Graha Bhumi Phala kompleks Setda Temanggung.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dandim 0706/Temanggung, Letkol Kav. Zubaedi, di Temanggung, Senin (14/12/2015), mengatakan pemutaran film yang baru dirilis pada November lalu merupakan prakarsa dari TNI dan Dinas Pendidikan Kabupaten Temanggung.

Ia mengatakan film ini diputar pada 14-23 Desember 2015, sekitar 19.000 pelajar silih berganti bakal menyaksikan film yang diputar tiga kali sehari dengan durasi sekitar dua jam ini.

Menurut dia segmen pelajar dari tingkat SD hingga SMP sengaja dipilih untuk menyaksikan film ini karena memuat kisah-kisah sejarah perjuangan bangsa Indonesia saat era penjajahan pemerintah kolonial Belanda sehingga mampu menjadi media pengajaran dan teladan.

Ia menuturkan tokoh utama dalam film ini Panglima Besar Jenderal Soedriman. Selain menjadi tokoh sentral pasukan berbaju loreng, pria kelahiran Purbalingga pada 24 Januari 1916 ini dianggap memiliki sifat dan sikap yang patut dicontoh.

Sikap yang dimiliki Jenderal Soedirman, antara lain jiwa kebangsaan, patriotisme yang sangat tinggi, sifat pantang menyerah, bijak serta kecintaannya terhadap NKRI.

“Tidak ada alasan lain yang dapat membantah bahwa Panglima Besar Jenderal Soedirman adalah sosok luar biasa kala Indonesia mengalami masa penjajahan. Perlawanannya terhadap kolonial menjadikan kita hidup nyaman saat ini,” katanya.

Fransisca Supriyati dari Dinas Pendidikan Kabupaten Temanggung, mengatakan setiap anak ditarik Rp20.000 guna pembelian tiket masuk, namun nominal tersebut belum seberapa dibandingkan manfaat yang diperoleh usai menyaksikan film.

Ia berharap dengan menyaksikan film ini anak-anak mendapat suntikan karakter, moral, hingga rasa cinta terhadap tanah air sedini mungkin.

“Kegiatan ini merupakan salah satu program dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah untuk menumbuhkan rasa nasionalisme serta pendidikan karakter berbagsa ditengah dinamika para pelajar yang seharusnya mampu menjadi generasi penerus di masa mendatang,” katanya.

Produser Film Jenderal Sudirman, Ramesh R. mengungkapkan film ini bakal diputar di seluruh Indonesia secara bergiliran.

Ia mengatakan jika disimak film ini mampu mewakili kisah perjuangan negara di masa silam.

“Harapan kami agar semangat cinta tanah air tidak hanya tinggal semboyan belaka, namun benar-benar muncul di tengah keprihatinan atas moral para pelajar yang perlahan luntur,” katanya.

Ia mengatakan Temanggung menjadi lokasi kedua pemutaran film ini setelah Kabupaten Wonosobo. Setelah Temanggung pihaknya melanjutkan ke Kabupaten Kebumen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya