SOLOPOS.COM - Paket berat untuk bansos bergambar Puan Maharani yang siap dibagikan kepada masyarakat Solo yang membutuhkan. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Tumpukan paket beras 5 kilogram untuk bantuan sosial atau bansos bergambar Puan Maharani tertata rapi di Posko Pemenangan Puan, Jl Bhayangkara, Solo, Senin (13/9/2021) siang.

Tak jauh dari tumpukan itu sejumlah orang menurunkan kardus gula pasir dan minyak goreng dari truk. Berdasarkan keterangan salah seorang penjaga posko, beras, minyak goreng, dan gula pasir itu bakal dipaketkan menjadi satu untuk dibagikan kepada masyarakat terdampak Covid-19 di Kota Bengawan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bansos bergambar Puan Maharani tersebut adalah program lanjutan setelah sebelumnya ia juga membagikan bansos hampir serupa namun ditambah vitamin, kepada ribuan warga yang menjalani isolasi mandiri.

Ada pula bansos sejenis untuk warga terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. Sedikitnya 7.000 paket telah disebar. “Kami menunggu instruksi dari pusat untuk pembagiannya. Keterangan lebih lanjut, saya tidak bisa menyampaikan karena bukan wewenang saya. Nanti saya sampaikan koordinator,” ucap penjaga yang enggan disebutkan namanya itu, Senin.

Baca Juga: Astra Revitalisasi Gedung 3 Sekolah di Solo, Serap 64% Siswa SMK

Beras untuk bansos bergambar Puan Maharani tersebut didatangkan dari seorang pengusaha beras asal Kecamatan Delanggu, Klaten, Yudhi. “Saya hanya penjual beras yang mendapatkan pesanan,” ucap Yudhi, Minggu (12/9/2021).

Beras Dipesan dari Delanggu

Yudhi memperoleh informasi beras tersebut hendak dibagikan untuk warga terdampak pandemi Covid-19 di lima kecamatan Kota Solo. Ia mendapat pesanan 2.000 paket per pekan.

“Katanya untuk warga terdampak Covid-19, seperti tukang becak, pedagang kaki lima [PKL], dan sejenisnya. Misalnya pekan ini untuk Kecamatan Banjarsari, pekan berikutnya untuk Kecamatan Jebres, digilir,” ujarnya.

Baca Juga: Polisi Pulangkan 10 Mahasiswa UNS Solo, Kapolresta: Tidak Ada Penangkapan!

Ia mengatakan beras tersebut dipesan salah seorang warga Solo bernama Eko Nugroho yang merupakan Sekjen DPP JoSmart, salah satu simpul sukarelawan Jokowi. Dihubungi Solopos.com, Eko membenarkan paket bansos bergambar Puan Maharani tersebut akan diserahkan kepada warga yang membutuhkan.

“Saya bukan ketua tim yang akan membagikan. Mbak Puan yang akan menentukan. Saya hanya salah seorang yang membantu. Salah informasinya [bukan ketua tim]. Tapi memang benar, ada bantuan tersebut. Saya ibarat naik mobil itu hanya salah satu rodanya. Mungkin bisa menghubungi tim pemenangan Mbak Puan,” bebernya, Minggu.

Gotong Royong Kader

Salah satu anggota Tim Pemenangan Puan Maharani, Jepang, mengaku tidak mengetahui mengenai bansos tersebut. “Belum ada perintah. Kami sudah dua pekan lalu bagi-bagi sembako dan vitamin, kemudian saat PPKM Level 4 itu ke Klaten, Boyolali, Solo, Sukoharjo. Tapi, yang terbaru itu saya belum ada perintah.”

Baca Juga: TSTJ Solo Buka Mulai Selasa, Siapkan Aplikasi PeduliLindungi yaa..

“Bansos saat PPKM ketat-ketatnya itu sudah berlalu, kami distribusi terus. Mbak Puan memang jarang main media sosial, jadi enggak banyak yang tahu. Bantuan itu dari kantong pribadi Mbak Puan sendiri,” katanya dihubungi Solopos.com, Minggu.

Jepang menyebut distribusi bantuan bertajuk Kepak Sayap Kebhinekaan yang dibagikan ke sejumlah daerah salah satunya di Sragen. Bantuan itu adalah gotong royong kader PDIP dan fraksi PDIP. Ia tidak mengingat jumlah bantuan itu, namun menurutnya mencapai ribuan paket.

“Sukoharjo saja 2.000 sekian. Itu belum Klaten, Sragen, Solo. Kalau bansos yang terbaru belum ada perintah. Saya enggak selalu di Solo, saya enggak tahu bagaimana yang di Solo, jadi tidak berwenang. Kalau setahu saya distribusi di Solo ya pengampu wilayah, anggota DPRD kabupaten atau provinsi. Nanti kami akan kabari teman-teman wartawan kalau ada pembagian,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya