Ribuan Jemaah Umrah Indonesia Tertunda, Ternyata Ini Penyebabnya

SHARE
Ribuan Jemaah Umrah Indonesia Tertunda, Ternyata Ini Penyebabnya
SOLOPOS.COM - Ilustrasi jemaah berfoto seusai umrah di Masjidil Haram (JIBI/Solopos/Antara/Saptono)

Ribuan jemaah umrah asal Indonesia tertunda keberangkatannya karena kesalahan di Kedubes Arab Saudi.

Solopos.com, JAKARTA — Kesalahan teknis dalam sistem komputerisasi Kedutaan Besar Arab Saudi dalam penerbitan stiker visa umrah menyebabkan tertundanya keberangkatan ribuan calon jemaah umrah asal Indonesia.

PromosiOrang Solo Suka Belanja Gadget di Tokopedia, Seller Untung 2 Kali Lipat

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, mengatakan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Kedutaan Besar Arab Saudi di Indonesia terkait kendala yang menyebabkan tertundanya keberangkatan ribuan calon jemaah umrah asal Indonesia.

“Hasil konfirmasi kepada Kedubes Arab Saudi, ada kesalahan teknis dalam sistem komputerisasi dan sudah teratasi,” katanya dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu (6/4/2016).

Seperti diketahui, persoalan stiker visa jemaah umrah dari Kedutaan Besar Arab Saudi telah menyebabkan tertundanya keberangkatan sekitar 2.800 calon jemaah umrah asal Jawa Timur.

Hal itu pun mendapat perhatian dari Ketua Komisi VIII DPR RI Saleh Partaonan Daulay yang meminta persoalan stiker visa itu segera diselesaikan. Pasalnya, kendala tersebut tidak berada di dalam ranah kewenangan Pemerintah Indonesia, melainkan Kedutaan Besar Arab Saudi.

“Ini adalah urusan dapur Kedutaan Besar Arab Saudi. Kami hanya bisa berharap semoga persoalan stiker tersebut dapat segera diselesaikan,” katanya.

Dia pun meminta Kementerian Agama segera melakukan klarifikasi terkait persoalan tersebut. Dengan begitu, calon jemaah umrah yang tertunda keberangkatannya dapat merasa lebih tenang.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago