SOLOPOS.COM - Raja Keraton Solo PB XIII Hangabehi memberikan kekucah kepada abdi dalem, sentana dan kerabat menjelang di Lebaran di Keraton Solo, Rabu (27/4/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di Solo, SISKS Paku Buwono atau PB XIII Hangabehi menyerahkan Kekucah Dalem kepada abdi dalem serta warga sekitar di Sasana Putra Keraton Solo, Baluwarti, Pasar Kliwon, Rabu (27/4/2022).

Berdasarkan pantauan Solopos.com pukul 10.15 WIB, Kekucah Dalem yang dibagikan itu berupa sembako. Sejumlah abdi dalem menata bingkisan berisi sembako di Sasana Putra. Sementara abdi dalem lain berdatangan lalu duduk di tikar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Abdi dalem yang datang berasal dari dalam kota maupun luar kota. Abdi dalem dari luar kota, antara lain merupakan abdi dalem sebagai juru kunci makam. PB XIII ikut menyerahkan sembako secara simbolis kepada sejumlah abdi dalem yang hadir.

Sembako terdiri dari bahan pangan berupa beras, mi instan, sirup, gula, dan roti. Perwakilan abdi dalem Keraton Solo juga menerima lembaran satu lembar uang Rp10.000 dari PB XIII.

Pengageng Parentah Keraton Solo, KGPH Adipati Dipokusumo, menjelaskan Kekucah Dalem bentuknya berupa sembako dan lembaran uang sebagai syarat. Kekucah Dalem biasanya diberikan pada hari-hari tertentu, antara lain Tingalan Jumenengan Dalem.

Baca Juga: Digelar Bersamaan, Malam Selikuran 2 Kubu Keraton Solo Berdampingan

Selain abdi dalem, lanjutnya, sejumlah orang juga menerima paket sembako, antara lain kerabat dalem, sentana dalem, parentah keraton, parentah keputren, dan warga Baluwarti.

“Jumlah penerima untuk totalnya sampai 5.000 orang namun bertahap. Hari ini 1.000 orang dari abdi dalam, kerabat, sentana, dan masyarakat Baluwarti,” jelasnya.

Ia mengatakan para abdi dalam juga bakal menerima gaji. Nilai gaji abdi dalem sesuai aktivitasnya setiap hari bekerja atau beberapa hari bekerja, di antaranya setiap Senin dan Kamis atau Rabu dan Sabtu. Kebetulan momen kali ini menjelang Lebaran.

Baca Juga: Kirab Malam Selikuran Dan Tradisi Unik Lain Keraton Solo saat Ramadan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya