SOLOPOS.COM - Retno Marsudi (JIBI/Bisnis/Dedi Gunawan)

RI khawatir pernyataan Donald Trump soal Yerusalem merusak proses perdamaian.

Solopos.com, BANTEN — Pemerintah Indonesia menilai pengumuman Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai wilayah Israel akan akan merusak stabilitas kawasan Timur Tengah yang sebagian besar penyebabnya adalah konflik Palestina dan Israel.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kita juga khawatir pengumuman itu akan menciptakan instabilitas di kawasan Timur tengah, jadi posisi kita sangat jelas,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Gedung Indonesia Conference and Exhibition (ICE) Serpong, Banten, Kamis (7/12/2017).

Menlu menegaskan pengumuman Donald Trump yang dilakukan di Gedung Putih Washington DC, Rabu (6/12/2017), pukul 13.00 waktu setempat atau pukul 01.00 WIB itu membahayakan perdamaian dunia.

“Kita sangat concern dengan rencana itu, dan kalau jadi dilakukan kita khawatir akan membahayakan proses perdamaian itu sendiri,” kata Retno Marsudi. (baca: Dunia Kecam Keputusan AS Akui Yerusalem Jadi Ibu Kota Israel)

Trump telah mengumumkan secara resmi pengakuan Amerika Serikat terhadap Yerusalem sebagai wilayah Israel dan akan memindahkan Kedutaan Besar Amerika Serikat dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Trump menyebut pengakuan Yerusalem sebagai milik Israel tidak lain sebagai pengungkapan fakta sebagaimana mestinya. Padahal, Palestina akan menjadikan Yerusalem Timur sebagai ibu kota saat benar-benar merdeka karena wilayah tersebut masih dicaplok Israel.

Selain Indonesia yang terus mendukung kemerdekaan Palestina, kecaman atas rencana AS itu disampaikan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guteres, Paus Fransiskus, China, Uni Eropa, dan bahkan dari negara-negara sekutu AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya