SOLOPOS.COM - RG Mathematical Soft Computing Program Studi Matematika Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menjalankan penganbdian masyarakat di Desa Rejoso, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — RG Mathematical Soft Computing Program Studi Matematika Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Rejoso, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten mulai dari 5 Mei 2021 sampai dengan saat ini.

Pengabdian ini merupakan wujud dari pertanggungjawaban RG Mathematical Soft Computingdalam Hibah Pengabdian Kepada Masyarakat Hibah Grup Riset (PKM HGR-UNS).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pengabdian ini juga merupakah salah satu wujud dari tridharma perguruan tinggi. Pengabdian yang dilakukanRG Mathematical Soft Computing di Desa Rejoso mengusung tema “Pemberdayaan Perangkat Desa dan Karang Taruna dalam Pembuatan Peta Digital Berbasis Data Spasial di Desa Rejoso”.

Baca Juga: Mahasiswa FP UNS Bikin MEWARNA, Masker Kain Ecoprint Warna Alam

Peserta dalam kegiatan pengabdian terdiri dari perangkat desa dan Karang Taruna Desa Rejoso. Pengabdian ini dilaksanakan secara tatap muka (luring) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus Covid-19.

Perwakilan RG Mathematical Soft Computing Ririn Setiyowati menyampaikan, bentuk dari kegiatan pengabdian ini adalah pelatihan dan pendampingan pembuatan peta digital. Kegiatan pertama dalam pengabdian ini adalah pelatihan pembuatan peta digital berbasis data spasial menggunakan software QGIS yang dilaksanakan pada Rabu (9/6/2021). Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Desa Rejoso, Sumardi.

Dalam sambutannya, Sumardi menyampaikan harapan agar kerja sama dalam pembuatan peta digital untuk Desa Rejoso berjalan dengan optimal. Pelatihan ini diikuti oleh 9 perangkat desa dan 3 perwakilan anggota karang taruna dengan narasumber Farid Akhmad,M.Pd., praktisi Sistem Informasi Geografis (SIG) dari PT Konsulindo.

Baca Juga: Closing Ceremony of 2nd AP IEOM 2021: IEOM Society Awards Universitas Sebelas Maret

Pengabdian dilanjutkan dengan kegiatan pengambilan data spasial dan pendampingan pembuatan peta digital di Desa Rejoso pada 1-3 Juli 2021. Peserta dalam kegiatan ini sangat antusias dalam membuat peta digital.

Pada tahap selanjutnya dilakukan evaluasi terhadap peta digital yang dihasilkan oleh peserta sebelum dipublikasikan.

Dalam pengabdian ini, RG Mathematical Soft Computing juga membuatkan web desa sebagai tempat menggunggah peta digital. Output dari kegiatan pengabdian ini adalah peta digital (peta administratif dan peta penyebaran penyakit campak)yang dapat dilihat pada laman https://desa-rejoso.com/webgis-2/.

Baca Juga: Indahnya Musim Gugur di UNS Solo, Bikin Kangen Deh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya