SOLOPOS.COM - Pebalap motor Indonesia Fadillah Aditama memacu kecepatannya pada sesi kualifikasi Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) atau MotoGP Junior di Pertamina Mandalika International Street Circuit di Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (13/11/2021). Tiga pebalap asal Indonesia berhasil menempati posisi 10 besar pada sesi kualifikasi IATC Mandalika yakni Fadillah Aditama, Reykat Fadillah dan Herjun Firdaus. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/wsj.

Solopos.com, MANDALIKA–Pembalap muda Indonesia binaan PT Astra Honda Motor (AHM), Reykat Yusuf Fadillah, berada di 10 besar meski belum mencapai podium di ajang Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2022 seri kedua di Mandalika International Street Circuit, Minggu (20/3/2022).

Reykat membuat torehan manis dengan naik podium ketiga pada race pertama, Sabtu (19/3/2022), mempertahankan konsistensinya untuk berada di barisan depan hingga finis di posisi ketujuh.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Race kedua di luar perkirakan saya. Sejak awal, barisan depan langsung agresif memacu motor mereka dan sedikit berjarak. Sementara saya terjebak di rombongan ke 3. Mohon maaf tidak bisa meraih podium seperti di race 1 kemarin. Putaran berikutnya, saya akan berusaha lebih keras lagi untuk meraih prestasi terbaik demi Indonesia,” kata Reykat.

Performa cukup baik juga diperlihatkan Aan Riswanto. Pebalap asal Bantaeng, Sulawesi Selatan itu mengunci posisi start kelima pada sesi kualifikasi.

Pada balapan pertama, dirinya berhasil finis ke-8, lalu pada race kedua, pemilik nomor start 3 itu mengakhiri balapan dengan berada di posisi ke-13.

“Sebetulnya start yang saya lakukan sudah baik, tetapi kesalahan yang saya lakukan membuat saya kehilangan posisi dan gagal bersaing di rombongan depan. Pengalaman di putaran ini akan menjadi pelajaran bagi saya untuk seri selanjutnya,” ujar Aan.

Capaian pembalap binaan AHM di IATC seri Mandalika meneruskan tren positif pengibaran Merah Putih di podium seperti yang sudah ditorehkan pada seri pertama di Qatar, beberapa waktu lalu.

Saat itu, Veda Ega Pratama juga mempersembahkan podium ketiga pada race kedua. Sayang, Veda tidak tampil pada seri Mandalika ini setelah terjatuh pada sesi kualifikasi dan dinyatakan tidak fit untuk balapan.

Sementara itu, dua pembalap binaan Astra Honda lainnya, Muhammad Diandra Trihardika juga cukup impresif pada putaran kedua IATC di Mandalika. Pada race pertama, dia terjatuh di lap akhir ketika berebut posisi. Namun, pada balapan kedua pembalap 13 tahun asal Sleman itu finis di posisi ke-9.

Pebalap wildcard Zachry Akbar juga sudah berjuang memberikan yang terbaik. Dia mampu finis di posisi ke-12 pada race pertama, dan mengakhiri balapan di posisi ke-18 pada race kedua.

General Manager Marketing Planning and Analysis Division AHM Andy Wijaya mengatakan perjuangan para pembalap binaan perlu mendapat apresiasi setinggi-tingginya.

Mereka memberikan yang terbaik demi membanggakan nama bangsa, dengan tetap konsisten mempersembahkan podium pada dua seri awal IATC melalui pebalap yang berbeda.

“Konsistensi raihan hasil positif pada dua seri IATC ini menjadi penyemangat para pebalap untuk terus memberikan yang terbaik di setiap balapan. Pencapaian tersebut menunjukkan potensi merata para pebalap binaan AHM. Kami berharap capaian ini menjadi inspirasi para pebalap muda Indonesia lainnya untuk mengharumkan nama bangsa,” kata Andy.

Setelah ini, seluruh pembalap IATC 2021 akan memiliki kesempatan berlatih lebih keras mengasah kompetensi balapnya sebelum putaran IATC berikutnya. Seri ketiga akan digelar pada akhir September mendatang di Sirkuit Motegi, Jepang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya