SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — BBM jenis Revvo 89 milik SPBU Vivo belakang ini viral karena dijual Rp8.900 dan lebih murah dari BBM subsidi Pertalite. Di balik harganya yang lebih murah, apa sih perbedaan antara Revvo 89 dan Pertalite?

Dalam BBM dikenal istilah oktan atau biasa disebut dengan Research Octane Number (RON), yang artinya besaran tekanan atau kompresi yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

Revvo 89 merupakan BBM dengan jenis oktan 89, sedangkan pertalite beroktan 90. Dilansir Lifepal.co.id, semakin tinggi oktan, semakin sedikit pula meninggalkan residu. Residu bukan hanya menganggu udara, namun juga menempel pada mesin dan akan menganggu kinerja pada mesin itu sendiri.  Sebaliknya, jika oktan BBM rendah, bensin lebih cepat terbakar.

Dilansir Bisnis.com, semakin besar nilai RON, maka semakin bagus pula kualitas BBM-nya. Dengan melihat oktan pada BBM jenis Revvo 89 dan Pertalite, dapat diartikan kualitas BBM Pertalite berbeda dan jauh lebih bagus dibandingkan BBM milik SPBU Vivo tersebut.

Baca Juga: Ini Pemilik SPBU Vivo yang Jual BBM Rp8.900 dan Lebih Murah daripada Pertamina

Di Indonesia sendiri semakin tinggi oktan, harga BBM-nya juga lebih mahal. Misalnya saja, Pertamax Turbo yang beroktan 98, lebih tinggi dari Pertalie dan Revvo 89, dibanderol dengan harga Rp15.900.

profil spbu vivo bbm pemilik
SPBU Vivo yang menjual BBM seharga Rp8.900 per liter. (Instagram/@yahuiiman)

Harga Revvo 89 Lebih Murah daripada Pertalite

Diulas Solopos.com sebelumnya, harga BBM Revvo 89 pada Minggu (4/9/2022) jauh lebih murah daripada Pertalite milik Pertamina. Pada hari itu, Revvo 89 dibanderol Rp8.900 per liter, lebih murah Rp1.100 dari Pertalite.

Baca Juga: Ini Dia Lokasi SPBU Vivo di Indonesia, yang Jual BBM Lebih Murah dari Pertamina

Karena harganya lebih murah, BBM milik SPBU Vivo ini sempat diburu masyarakat. Akan tetapi, beberapa saat kemudian Revvo 89 hilang dari peredaran.

Di beberapa SPBU Vivo, BBM jenis RON 89 ini hilang dari peredaran alias tak lagi dijual. Beberapa orang berpendapat jika BBM jenis RON 89 ini habis karena telah diserbu masyarakat, namun tak sedikit pula yang curiga jika SPBU Vivo diminta menaikkan harga sesuai pemerintah.

Baca Juga: Jual BBM Lebih Murah dari Pertamina, Ini Profil SPBU Vivo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya