SOLOPOS.COM - Gambar site plan pengembangan objek wisata WGM Wonogiri. (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI—Revitalisasi Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) bakal direalisasikan pada 2022. Ini artinya revitalisasi WGM mundur dari sedianya pada akhir 2021.

Mundurnya realisasi proyek justru disambut baik sejumlah pedagang di Objek Wisata WGM. Sebab, objek wisata andalan Pemkab Wonogiri itu bisa lebih lama buka, sehingga pedagang juga bisa lebih lama berjualan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bahkan, mereka berharap pekerjaan fisik dilaksanakan setelah Lebaran 2022 mendatang, agar mereka dapat berjualan pada momentum libur Lebaran.

Baca Juga: Jekek Pastikan Revitalisasi WGM Wonogiri pada Tahun Ini

“Proyeknya setelah Lebaran sekalian saja biar kami bisa berjualan saat Lebaran. Biasanya saat Lebaran sangat ramai pengunjung,” kata Lasti, pedagang aneka kerajinan, Jumat (7/1/2022).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Wonogiri, Heru Utomo, menjelaskan semua proyek pemerintah, terlebih proyek besar seperti revitalisasi Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur, dilaksanakan melalui tahapan-tahapan sesuai ketentuan, seperti lelang.

Terkait revitalisasi Objek Wisata WGM, sebelum lelang terlebih dahulu dilaksanakan dua kali diskusi grup atau focus group discussion (FGD) yang melibatkan semua pihak berkepentingan, termasuk warga sekitar Objek Wisata WGM, pedagang di objek wisata tersebut, pemerintah desa, dan sebagainya. FGD pertama sudah dilaksanakan April 2021 lalu.

Baca Juga: Wow, Ada 6 Rekor dari Klaten Tercatat di MURI

“FGD kedua sebenarnya direncanakan digelar November 2021 lalu, tapi akhirnya ditunda. Sampai awal Januari 2022 ini belum ada informasi lagi tentang pelaksanaan FGD kedua,” ulas Heru saat ditemui di Sekretariat Daerah (Setda), Rabu (5/1/2022).

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, saat berbincang dengan Solopos.com di Kabupaten Sukoharjo beberapa waktu lalu, menyampaikan sudah mendapat penjelasan dari pejabat berwenang di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengenai pelaksanaan revitalisasi Objek Wisata WGM.

Sedianya lelang paket proyek dilaksanakan Oktober 2021 lalu supaya pekerjaan fisik dapat direalisasikan akhir 2021. Namun, waktu terlalu mepet untuk melelang, sehingga tahapan itu dan realisasi proyek harus dilaksanakan 2022 ini.

Baca Juga: Masjid Nur Azizah Pemkab Klaten Gelar Salat Jumat Perdana

Dia melanjutkan Objek Wisata WGM direvitalisasi karena destinasi tersebut merupakan penyangga wisata nasional Candi Borobudur. Paket pekerjaannya merupakan proyek tahun jamak atau multiyears, sehingga kegiatan tetap dapat dilaksanakan pada 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya