SOLOPOS.COM - Pedestrian Jl. Jenderal Sudirman segera direvitalisasi. (maps.google.com)

Solopos.com, JOGJA – Pengerjaan revitalisasi pedestrian Jl. Jenderal Sudirman, Jogja segera berlangsung. Saat ini sedang tahap perencanaan akhir.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Jogja, Hari Setya Wacana, pekan depan akan ada koordinasi dengan pihak ketiga. Koordinasi ini akan membahas terkait tahapan-tahapan pekerjaan fisik, termasuk memastikan pengerjaan tepat waktu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sementara untuk pengerjaan pedestrian dengan anggaran Rp20 miliar dari dana keistimewaan ini kemungkinan berlangsung awal Agustus 2021. Adapun waktu untuk pemenang lelang dalam menyelesaikan revitalisasi selama 150 hari.

Ekspedisi Mudik 2024

“Jika dirasa seluruh persiapannya sudah matang, maka bisa langsung dilakukan pekerjaan fisik di lapangan atau bisa saja dimulai awal Agustus,” kata Hari, Jumat (23/7/2021).

Baca Juga: Vaksin With A View, Cara Asyik Gairahkan Warga Ikuti Vaksinasi Covid-19

Salah satu proses yang menjadi perhatian yaitu ducting untuk kabel fiber optik dan listrik. Proses ini untuk pedestrian Jl. Sudirman dari simpang Galeria Mal hingga simpang Gramedia. Perlu adanya koordinasi dengan PLN. Namun dari revitalisasi sebelum-sebelumnya semua pihak mendukung, termausuk PLN.

Tak Tebang Pohon

Pohon-pohon besar di sepanjang pedestrian juga tidak akan ditebang. Hanya akan ada proses merapikan. Sementara untuk bagian trotoar akan ada proses penataan taman. Bagian taman tidak lagi dibuat dengan pembatas, tetapi ada perubahan agar pedestrian tampak lebih lapang dan nyaman bagi pejalan kaki.

“Lebar existing taman yang ada sekarang dimungkinkan akan dikecilkan sehingga ruang untuk pejalan kaki menjadi lebih luas,” kata Hari.

Baca Juga: 6 UMKM Yogyakarta Ini Layani Pembuatan Suvenir Unik

Pengerjaan awal kemungkinan untuk sisi utara, baru setelah itu sisi selatan. Hal ini mengingat keberadaan pedagang kaki lima (PKL). Ke depan, akan ada penataan PKL dari tempat semula ke tempat lain yang tidak jauh, salah satunya di Jl. Sam Ratulangi.

“Sebagai gambaran, konsep penataan tahap terakhir ini akan sama seperti penataan pedestrian Jl. Jenderal Sudirman dari ruas Gramedia hingga Jembatan Gondolayu yang sudah kami selesaikan pada 2019,” kata Hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya