SOLOPOS.COM - Ilustrasi Blackberry (berryflow.com)

Solopos.com, SOLO – Tahun 2013 ini mungkin menjadi tahun terberat bagi produsen pesawat telepon seluler (ponsel) asal Kanada, Blackberry. Perusahaan itu terus mencatat kerugian besar sepanjang tahun 2013.

Dilansir phonearena, Jumat (27/12/2013), CEO Blackberry kala itu, Thorsten Heins, mengatakan bahwa penjualan peranti teknologi mereka berada di atas ekspektasi di bulan Maret 2013. Nyatanya perusahaan itu tetap mengalami kerugian hampir US$1 miliar atau lebih dari Rp12 triliun.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Harapan baru meraup kesuksesan meraih pasar diberikan pada produk Blackberry Q10. Bahkan Heins sangat berharap bahwa tampilan qwerty yang menarik pada Q10 akan menarik pelanggan setia mereka, tapi ternyata hasilnya nihil. Q10 juga mengalami kegagalan dalam meraih simpati pasar.

Di akhir kepemimpinannya, Heins tetap mencoba meluncurkan Blackberry Z30, pada bulan Maret 2013. Perangkat yang memiliki layar terbesar di antara produk Blackberry, 5 inci, didukung daya baterai 2880mAh ternyata juga tak banyak membantu Blackberry bangun dari keterpurukkan.

Di bulan September 2013, Blackberry menulis sebuah pernyataan bahwa perusahaan tersebut hendak dijual pada bulan November dengan nilai US$9 per-saham. Namun keinginan tersebut tak jadi dieksekusi.

Pada pekan ketiga September 2013, Blackberry mengumumkan telah melakukan penandatanganan kesepakatan letter of intent (LoI) dengan perusahaan konsorsium yang berisi pengambilalihan perusahaan senilai US$4,7 miliar. Akuisisi tersebut membuat Blackberry menjadi perusahaan privat.

CEO Blackberry-pun diganti. Pria asal Hong Kong Jhon Chen dinobatkan menjadi CEO Blackberry. Jhon Chen-lah yang diharapkan mampu mengembalikan kejayaan Blackberry dengan melalui inovasi yang telah ditunggu kehadirannya di tahun 2014 nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya