Rest Area di Pemalang Ini Rupanya Markas Kera Ekor Panjang

Rest Area ini berada di Desa Bulakan, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang dan namanya adalah Candi Batur.
Rest Area di Pemalang Ini Rupanya Markas Kera Ekor Panjang

Solopos.com, PEMALANG — Ada sebuah rest area yang menjadi tempat favorit bagi pengguna jalan Pemalang-Purbalingga. Rest Area ini berada di Desa Bulakan, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang dan namanya adalah Candi Batur.

Mengutip Detik.com, Senin (26/7/2021), rest area ini menjadi tujuan persinggahan yang menarik bagi siapa saja yang melintas di ruas jalan setempat. Selain sebagai tempat istirahat, para pengunjung pun bisa berinteraksi dengan kawanan monyet ekor panjang.

Jumlah monyet yang ada di kawasan rest area ini ada ribuan jumlahnya namun tidak banyak yang mengetahui kenapa rest area ini menjadi tempat perkumpulan para monyet. Bahkan ada mitos yang berkembang jika memberi makan monyet ekor panjang tersebut akan medapatkan rejeki berlimpah. Selain itu, warga setempat juga mempercayai adanya larangan untuk tidak menggunakan pakaian warna hijau muda kalau berada di lokasi tersebut.

Baca Juga: Ganjar : Kebersihan RS Percepat Kesembuhan Pasien

Dikarenakan warna pakaian hijau muda ini, merupakan warna pakaian yang sama yang digunakan Dewi Rantamsari, penjaga di kawasan Candi Batur.

Salah satu penjual makanan yang berada di rest area tersebut, Sukinah menjelaskan bahwa ada sekitar 1.200-an monyet ekor panjang yang berada di kawasan rest area ini. Monyet-monyet ini berasal dari hutan lindung yang berada di dekat rest area.

Dengan mengeluarkan uang Rp5.000 untuk sebungkus kacang atau pisang, para pengunjung bisa berinteraksi dengan memberi makan. Uang parkir kendaraan pun hanya sukarela.

Baca Juga: BUMDes Penggarit Angkat Potensi Desa Wisata Hutan Lindung

Kepala Desa Bulakan, Sigit Pujianto, mengakui adanya mitos yang berkembang tersebut. Bahkan, jika warga ada yang melanggar, yang bersangkutan akan terkena musibah. Pihaknya bersama warga tetap menjaga kelestarian kawasan Candi Gugur. Menurutnya, total ada sekitar 3 hektare di kawasan setempat. Lebih banyak merupakan kawasan hutan lindung, di mana menjadi habitat kawanan monyet tersebut.

Warga masih menjaga hutan lindung agar tetap alami dengan keasrian pohon-pohon besarnya. Kembali ke rest area. Menurut Sigit, keberadaan monyet ekor panjang juga dipercaya membawa berkah bagi siapa pun yang memberi mereka makan.

Sementara itu, Nadina Riris Kirana Putri, 10, salah satu pengunjung, merasa senang dengan perjalanan ia dari Pekalongan ke Purwokerto, dengan mampir ke rest area Candi Batur. Dia mengaku selalu mengunjungi rest area ini setiap kali melakukan perjalanan dari Pekalongan ke Purwokerto bersama kedua orang tuanya

Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago