SOLOPOS.COM - Usulan Arsene Wenger agar aturan gol tandang dihapus membuahkan hasil. (Reuters)

Solopos.com, JAKARTA – Mulai musim 2021/2022, aturan gol tandang tidak berlaku lagi untuk kompetisi antarklub Eropa.

Aturan gol tandang ini sudah beberapa tahun terakhir menjadi perdebatan. Mantan pelatih Arsenal, Arsene Wenger, sejak 2013 menjadi salah satu orang yang vokal agar aturan tersebut dihapuskan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan rekomendasi dari Komite Kompetisi Klub UEFA dan Komite Sepak bola Wanita UEFA, dan Komite Eksekutif UEFA diputuskan oleh Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, bahwa gol tandang tidak lagi berlaku.

Indonesia Vs Taiwan di Playoff Kualifikasi Piala Asia, 4 Pemain Keturunan Ini Susul Ezra Walian?

Tim-tim yang memiliki agregat seimbang dari dua pertemuan, bakal berlanjut ke tambahan waktu 2×15 menit, tanpa mempertimbangkan banyaknya gol tandang.

Penghapusan gol tandang ini tidak cuma berlaku saat ada kedua tim bertemu di fase gugur. Dalam keterangan UEFA, gol tandang juga tidak dipakai dalam menentukan peringkat sebuah tim di fase grup andai ada dua atau lebih tim memiliki poin sama. Kriteria yang diutamakan adalah produktivitas gol.

“Dampak dari aturan tersebut [gol tandang] sekarang bertentangan dengan tujuan awalnya karena, pada kenyataannya, aturan itu sekarang menghalangi tim tuan rumah – terutama di leg pertama – untuk menyerang,” kata Ceferin.

Indonesia Hadapi Taiwan di Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023

“Karena mereka takut kebobolan gol yang akan memberi lawan keuntungan besar.”

Juventus mungkin salah satu klub yang harus menyambut positif ditiadakannya aturan gol tandang. Dalam dua musim terakhir di Liga Champions, Si Nyonya Tua kandas gegara kalah gol tandang, yakni melawan Lyon 2-2 dan Porto 4-4.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya