SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bakal mereshuffle Kabinet Indonesia Maju pada Rabu (15/6/2022). (Solopos Dok.)

Solopos.com, JAKARTAPresiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melakukan reshuffle Kabinet Indonesia Maju dengan melantik dua menteri dan tiga wakil menteri (wamen), Rabu (15/6/2022).

Dalam siaran langsung televisi, menteri yang dilantik adalah Zulkifli Hasan sebagai menteri perdagangan. Kemudian, Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR/BPN. Zulkifli menggantikan Muhammad Lutfi, sedangkan Hadi menggantikan Sofyan Djalil.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sementara, tiga wamen yang dilantik hari ini adalah Raja Juli Antoni sebagai Wamen ATR/BPN, dan Afriansyah Noor sebagai Wamen Tenaga Kerja, serta John Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri.

Baca Juga: Jokowi Sering Reshuffle Kabinet pada Hari Rabu, Ini Perinciannya

Sebelum pelantikan, Jokowi menjamu makan siang petinggi partai politik (parpol)  pendukung dirinya dan Wapres Ma’ruf Amin saat Pilpres 2019. Jokowi menjamu mereka di Presidential Lounge, Istana Negara, Jakarta Pusat.

Dalam jamuan makan siang itu hadir Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh yang duduk mengapit Jokowi. Sementara itu, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar tampak duduk di sebelah Megawati.

Di depan mereka ada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa, dan Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan.

Baca Juga: Isu Reshuffle Kabinet Membuat IHSG Melemah

Kabar reshuffle kabinet mencuat setelah Jokowi memanggil sejumlah menteri dan tokoh ke Istana pada Selasa (14/6/2022). Mereka yang hadir antara lain Zulkifli Hasan, Mendag Muhammad Lutfi, Menhan Prabowo Subianto, Sekretaris Dewan Pembina PSI Ra Juli Antoni, hingga eks Panglima TNI Hadi Tjahjanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya