SOLOPOS.COM - Ketum DPP PAN, Zulkifli Hasan (tiga dari kanan), menyerahkan SK penetapan paslon kepada Joko Sutopo di Kantor DPP PAN, Jakarta, Selasa (1/9/2020). (Istimewa/Sunarmin)

Solopos.com, WONOGIRI -- Partai Amanat Nasional (PAN) dan Golongan Karya (Golkar) resmi mengusung Joko Sutopo-Setyo Sukarno sebagai pasangan calon bupati-calon wakil bupati (cabup-cawabup) di Pilkada Wonogiri.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional atau DPD PAN Wonogiri, Sunarmin, Selasa (1/9/2020), menyampaikan Dewan Pimpinan Pusat atau DPP partainya sudah menerbitkan surat keputusan atau SK penetapan paslon.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan, bersama Wakil Ketua Umum, Asman Abnur, menyerahkan SK kepada Joko Sutopo dan Setyo Sukarno di Kantor DPP PAN, Jakarta, Selasa.

Tak Cuma Novel Baswedan, Istri dan 4 Anaknya Juga Positif Covid-19

Sunarmin dan Ketua Badan Pemenangan Pemilu atau Bapilu DPP PDIP, Bambang Wuryanto, turut menghadiri penyerahan tersebut.

“Yang kami serahkan adalah SK penetapan paslon sesuai ketentuan yang diatur oleh PKPU [Peraturan Komisi Pemilihan Umum],” kata Sunarmin saat dihubungi Solopos.com, Selasa.

Dengan demikian dukungan PAN telah terkunci untuk pasangan Joko Sutopo-Setyo Sukarno yang diusung PDIP. Sejak awal Sunarmin meyakini DPP partainya bakal sejalan dengan mekanisme yang dilaksanakan DPD PAN Wonogiri.

Positif Covid-19 Tambah 30 Orang, Duwet Klaten Terapkan Lockdown Desa

Dukungan dari DPD PAN Wonogiri

Mekanisme dimaksud adalah komunikasi secara kelembagaan dengan elemen PDIP hingga Rapat Pleno Penetapan Paslon di DPD PAN Wonogiri.

Sebelumnya, Sunarmin sudah menyampaikan partainya akan mendukung pasangan pilihan PDIP, meski belum keluar SK. Dengan terbitnya rekomendasi dari DPP PAN kepada Joko Sutopo-Setyo Sukarno, arah dukungan PAN kini jelas. “Sekarang semua sudah klir,” imbuh mantan anggota DPRD Wonogiri itu.

DPP PAN menerbitkan SK penetapan pasangan calon baru saja lantaran sebelumnya menunggu DPP PDIP menerbitkan rekomendasi terlebih dahulu.

6 Parpol Nonparlemen Pastikan Dukung Joswi Maju Pilkada Sukoharjo 2020

Terpisah, Ketua DPD Golkar Wonogiri, Bondan Sejiwan Boma Aji, menginformasikan DPP partainya sudah menerbitkan SK penetapan pasangan calon untuk Joko Sutopo-Setyo.

Namun, hingga Selasa Bondan belum menerima SK tersebut. Anggota DPRD Jawa Tengah itu menilai penyerahan SK penetapan kepada pasangan calon tinggal menunggu waktu yang tepat. “Tak lama lagi SK penetapan paslon dari DPP [Golkar] akan diserahkan,” ulas Bondan.

Sebelumnya, DPP Golkar sudah menerbitkan SK penetapan paslon atas nama Joko Sutopo-Sriyono. Seiring berjalannya waktu, DPC PDIP mengajukan usulan reposisi cawabup yang awalnya Sriyono menjadi Setyo Sukarno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya