SOLOPOS.COM - Ilustrasi mobil di GIIAS 2019. (Bisnis.com)

Solopos.com, JAKARTA -- Ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS Surabaya 2020 dipastikan batal. Pameran otomotif itu sedianya diselenggarakan September 2020.

Sementara, pameran otomotif yang juga akan digelar tahun ini, The 28th GIIAS 2020 di BSD-City, masih diupayakan agar bisa dilaksanakan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua Umum Gabungan Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi menyatakan keputusan tersebut diambil sebagai bentuk kepedulian Gaikindo terhadap pesebaran pandemi Covid-19 di Indonesia, khususnya di Surabaya.

Kasus Positif Covid-19 Soloraya Melonjak, Ahli Epidemologi Sarankan Lockdown Lokal

“Sebuah keputusan berat bagi kami untuk membatalkan penyelenggaraan GIIAS Surabaya 2020 karena industri otomotif saat ini telah siap untuk mulai bangkit kembali. Namun, kesehatan masyarakat khususnya di Jawa Timur tetap menjadi prioritas kami, sehingga dengan satu suara Gaikindo mengambil keputusan ini,” ujarnya dalam keterangan pers seperti dikutip Bisnis.com, Kamis (16/7/2020).

Yohannes menjelaskan bukan berarti keputusan tersebut akan menurunkan semangat industri otomotif Indonesia untuk terus bangkit.

Penyelenggaraan The 28th GIIAS 2020 di BSD-CITY tetap diusung Gaikindo sebagai ajang yang memberikan dorongan yang dibutuhkan industri otomotif Indonesia.

Panen Hadiah Simpedes BRI Solo Kartasura, Nasabah Unit Daleman dapat Suzuki New Ertiga

Rencananya Digelar 2-6 September 2020

“Kami akan tetap berupaya mendukung pemulihan industri otomotif skala nasional dengan berlangsungnya GIIAS 2020 di BSD-City. Karena kami yakin penyelenggaraannya akan menjadi momentum yang sangat tepat untuk industri otomotif menunjukkan performa mereka,” ujarnya.

The 28th GIIAS 2020 di BSD-City akan berlangsung pada 22 Oktober–1 November 2020 di Indonesia Convention Exhibtion (ICE).

Sementara, GIIAS Surabaya 2020 semula akan digelar pada 20-29 Maret 2020. Setelah jadwalnya diundur menjadi 2–6 September 2020, pameran di Surabaya itu akhirnya dibatalkan.

Wuih! Penjualan Mobil Grup Astra Naik 340 Persen, Pertanda Apa?

Ketua III Gaikindo Rizwan Alamsjah, yang juga ketua penyelenggara pameran GIIAS, menegaskan penundaan GIIAS Surabaya 2020 bukan karena ketidaksiapan penyelenggaraan pameran.

Melainkan, didasarkan atas kepedulian terhadap angka penyebaran Covid-19 di Jawa Timur, khususnya Surabaya.

“Persiapan GIIAS Surabaya 2020 sebenarnya berlangsung sesuai dengan yang direncanakan panitia dan peserta. Namun sebagai tindakan pencegahan pandemi Covid-19 menjadi semakin luas kami memutuskan untuk lebih fokus mempersiapkan di GIIAS 2020, di BSD-City. Agar seluruh peserta bisa tampil maksimal dan memberikan yang terbaik,” ungkap Rizwan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya