SOLOPOS.COM - Puan Maharani usai dilantik sebagai Ketua DPR. (Antara-M. Risyal Hidayat)

Solopos.com, JAKARTA – Puan Maharani resmi menjadi Ketua DPR periode 2019-2024. Dia pun sudah dilantik di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019) malam WIB.

Puan ditetapkan sebagai Ketua DPR dalam rapat paripurna perdana DPR yang dipimpin pimpinan DPR sementara, Abdul Wahab Dalimunthe, dari Fraksi Demokrat. Sementara Azis syamsuddin, Sufmi Dasco, Rachmat Gobel, dan Muhaimin Iskandar menjadi Wakil Ketua DPR.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Melalui pidatonya, Puan mengimbau anggota Dewan tak terpecah belah. “Walaupun fungsi-fungsi di DPR akan berjalan secara dinamis, namun hal itu tidak boleh membuat kita menjadi terpecah belah dan kontraproduktif,” kata Puan seperti dikutip dari detik.com.

Puan mengatakan dinamika dalam menjalankan fungsi-fungsi DPR harus berlandaskan Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Selain itu harus mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. Puan juga meminta anggota DPR mengedepankan kritik yang konstruktif.

“Kekritisan kita, khususnya dalam mengimplementasikan prinsip demokrasi dan menjalankan mekanisme checks and balances haruslah selalu konstruktif, dan membangun peradaban demokrasi di Indonesia,” ujarnya.

“Marilah kita jaga bersama kepercayaan yang telah diberikan rakyat tersebut melalui kerja keras, kerja cerdas, dan dedikasi yang tinggi dalam menjalankan fungsi dan peran DPR yang dapat memenuhi aspirasi dan harapan rakyat,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya