Resmi Jadi Asisten Pelatih Persis Solo, Ini Tugas Pertama Haryanto
Solopos.com|sport

Resmi Jadi Asisten Pelatih Persis Solo, Ini Tugas Pertama Haryanto "Tommy" Prasetyo

Persis Solo langsung menugaskan Haryanto “Tommy” Prasetyo untuk mengawal seleksi pemain selepas ditunjuk sebagai Asisten Pelatih mendampingi Eko Purdjianto.

Solopos.com, SOLO — Persis Solo langsung menugaskan Haryanto “Tommy” Prasetyo untuk mengawal seleksi pemain selepas ditunjuk sebagai Asisten Pelatih mendampingi Eko Purdjianto. Tommy bakal ikut memelototi performa para pemain dari 26 klub internal yang akan mengikuti seleksi di Stadion Mini Universitas Sebelas Maret (UNS) pekan ini.

Pada Sabtu (27/3/2021) lalu, Tommy mulai mendampingi Eko dalam sosialisasi seleksi pemain kepada perwakilan tim internal di Universitas Surakarta (Unsa), Jaten, Karanganyar. Saat itu hadir pula Direktur Utama PT Persis Solo Saestu (PSS), Kaesang Pangarep, dan Komisaris Utama, Kevin Nugroho. Dalam kesempatan kemarin, Kaesang telah memperkenalkan Tommy sebagai Asisten Pelatih baru Laskar Sambernyawa.

Baca Juga: Naik Truk hingga Lewat Jalan Tikus, Cara Orang Akali Larangan Mudik

Tommy mengonfirmasi telah menjadi bagian tim pelatih Persis. Lelaki asal Bekonang, Sukoharjo, menyebut sosok Eko Purdjianto menjadi salah satu pertimbangan utamanya mau menerima pinangan klub. Keduanya sudah kenal lama sejak sama-sama memperkuat Pelita Solo musim 2000/2001.

Keseriusan manajemen juga menjadi faktor yang membuatnya kepincut. Kaesang turun langsung untuk melobi Tommy sejak sepekan lalu. “Yang pasti karena coach Eko dan manajemen. Sekarang juga jadi lebih dekat keluarga,” ujar Tommy kepada Solopos.com, Minggu (28/3/2021).

Karier

Tommy punya banyak pengalaman di pembinaan pemain muda sebelum hijrah ke Laskar Sambernyawa. Mengawali karier sebagai pelatih di SSB Jakarta Football Academy, Tommy kemudian membesarkan SSB Kabomania bersama kakaknya, Indriyanto Nugroho, pada 2013-2016.

Pelatih kelahiran 3 April 1978 itu kemudian menangani Perseru Badak Lampung di kompetisi Elite Pro Academy U-16 pada 2019. Tommy yang juga anggota Technical Study Group (TSG) Liga TopSkor pernah dinobatkan sebagai pelatih terbaik Gala Siswa Indonesia (GSI) pada akhir 2020.

“Sudah lama saya ingin membantu Coach Eko di kepelatihan, baru sekarang bisa terwujud. Saya akan berusaha sebaik mungkin, dimulai dari seleksi pemain nanti,” ujar pelatih berlisensi B AFC itu.

Eko Purdjianto menyambut antusias kehadiran Tommy sebagai asisten pelatih Persis Solo. Dia menilai kawan lamanya itu bakal memberi banyak kontribusi terhadap pengembangan skuat tim. “Saya sudah lama kenal dia, jadi tahu betul karakternya. Secara lisensi, Tommy juga sudah memenuhi syarat,” ujar Eko.

Baca Juga: Kisah Unik Pengantin di Ponorogo Menikah dengan Mas Kawin Burung Kenari

Lebih jauh, latar belakang Tommy sebagai putra daerah jempolan dari Soloraya juga membuat Persis ngebet mendapatkannya. Dalam sejumlah kesempatan Kaesang menyebut ingin mengumpulkan figur lokal terbaik untuk membesarkan Persis. “Mas Kaesang ingin Persis diisi putra daerah yang berkualitas,” ujar Eko.

Disinggung posisi pelatih kiper yang masih kosong, Eko menyebut bakal segera terisi. “Tunggu saja hari Senin [29/3/2021], biar manajemen yang mengumumkan.” Sebelumnya eks kiper Pelita Solo dan Timnas, Listyanto “Bejo” Rahardjo, mengaku berminat menangani Persis.




Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago