SOLOPOS.COM - Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjadi salah satu tumpuan Indonesia untuk membawa pulang gelar juara BWF World Tour Finals 2022. (Twitter/INA_Badminton/PBSI)

Solopos.com, SOLO – BWF World Tour Finals kembali ke Bangkok, Thailand, setelah kota ini kali terakhir menjadi tuan rumah turnamen bulu tangkis tersebut pada 2021. Berikut ini daftar lengkap peserta BWF World Tour Finals 2022 yang resmi telah dirilis oleh BWF.

Turnamen ini menampilkan delapan pemain dan pasangan teratas pada peringkat BWF World Tour dengan maksimal dua pemain tunggal atau pasangan (ganda) bulu tangkis per Asosiasi Anggota yang memenuhi syarat. Juara dunia musim ini otomatis lolos ke BWF World Tour Finals 2022.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dalam pengumuman BWF tersebut terdapat tiga pemain tunggal dan pasangan ganda yang mengundurkan diri dari BWF World Tour Finals 2022. Mereka adalah Pusarla V. Sindhu (tunggal putri), Nami Matsuyama/Chiharu Shida (ganda putri), dan Yuta Watanabe/Arisa Higashino (ganda campuran) karena cedera.

Mereka digantikan oleh Gregoria Mariska Tunjung (Indonesia), Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (Indonesia), dan Supak Jomkoh/Supissara Paewsampran (Thailand) masing-masing – semuanya menjadi pemain atau pasangan berikutnya dalam peringkat.

Dikutip dari laman resmi BWF, Rabu (30/11/2022), para pemain akan bersaing untuk memperebutkan total hadiah senilai US$1,5 juta atau setara Rp23,6 miliar. BWF World Tour Finals 2022 akan digulirkan di Bangkok, Thailand, pada 7-11 Desember 2022.

Para penggemar bulu tangkis di seluruh dunia bisa menyaksikan tontotan menarik dari para pemain papan atas seperti Viktor Axelsen, Chen Yu Fei, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong memastikan, setelah mereka dipastikan terkulafikasi BWF World Tour Finals 2022.

Baca Juga: Lengkap! Berikut Ini Cara Mengetahui Ranking Poin BWF Pebulu Tangkis

Axelsen akan berusaha melanjutkan musim hebatnya tentu saja dengan harapan menutupnya melalui gelar juara di BWF World Tour Finals 2022. Sementara itu, pemain lain seperti Chou Tien Chen, Prannoy H.S., Jonatan Christie, Kodai Naraoka, Lu Guang Zu, Anthony Sinisuka Ginting, dan Loh Kean Yew akan berusaha untuk menggagalkan dominasi bintang asal Denmark tersebut.

Jadwal lengkap Singapura Open 2022 hari ini BWF World Tour Finals 2022
Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti akan menjadi andalan Indonesia di sektor ganda putri di BWF World Tour Finals 2022. (Twitter/INABadminton)

Di tunggal putri, Chen Yu Fei menempati urutan teratas unggulan diikuti Tai Tzu Ying, He Bing Jiao, dan An Se Young. Ratchanok Intanon dan Busanan Ongbamrungphan akan memastikan cita rasa lokal Thailand dalam kompetisi ini. Sedangkan sejarah untuk Indonesia dicetak Gregoria Mariska Tunjung yang menjadi satu-satunya tunggal putri Tanah Air yang berlaga di BWF World Tour Finals.

Di ganda putra, Indonesia berharap pada kombinasi pasangan junior dan senior yaitu Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Sementara itu, Malaysia juga menempatkan dua ganda putra mereka di BWF World Tour Finals 2022 ini yaitu Ong Yew Sin/Teo Ee Yi dan juara dunia Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Baca Juga: Besaran Gaji yang Bisa Didapat Hendra, Ahsan, hingga Ginting Setelah Jadi PNS

Di ganda putri, pasangan kakak beradik asal Thailand, Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard, telah menjalani tahun yang luar biasa dan tentu saja akan mendapaty dukungan penuh dari suporter tuan rumah di BWF World Tour Finals 2022 kali ini. Sedangkan, ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang mendapat panggilan cukup mepet sebagai pengganti Matsuyama/Shida berpeluang membuat kejutan.

Di ganda campuran, pendukung tuan rumah akan sangat antusias terhadap pasangan Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai, yang mengincar mahkota akhir musim untuk kali ketiga berturut-turut. Meraka akan bersaing dengan juara dunia Si Wei/Ya Qiong dan juara Olimpiade, Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping. Pendukung tuan rumah juga bersorak ketika mengetahui Jomkoh/Paewsampran mendapat panggilan untuk menggantikan pasangan Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino di BWF World Tour Finals 2022 ini.

Daftar lengkap peserta BWF World Tour Finals 2022:

Tunggal putra
1. Viktor Axelsen (Denmark)
2. Chou Tien Chen (Taiwan)
3. Prannoy H. S. (India)
4. Jonatan Christie (Indonesia)
5. Kodai Naraoka (Jepang)
6. Lu Guang Zu (China)
7. Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia)
8. Loh Kean Yew (Singapura)

Tunggal putri
1. Chen Yu Fei (China)
2. Tai Tzu Ying (Taiwan)
3. He Bing Jiao (China)
4. An Se Young (Korsel)
5. Ratchanok Intanon (Thailand)
6. Busanan Ongbamrungphan (Thailand)
7. Akane Yamaguchi (Jepang)
8. Gregoria Mariska Tunjung (Indonesia)

Ganda putra
1. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Indonesia)
2. Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (Indonesia)
3. Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (Malaysia)
4. Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (China)
5. Kim Astrup/Rasmussen (Denmark)
6. Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang)
7. Choi Sol Gyu/Kim Won Ho (Korsel)
8. Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia)

Ganda putri
1. Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong (Korsel)
2. Zhang Shu Xian/Zheng Yu (China)
3. Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard (Thailand)
4. Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China)
5. Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai (Thailand)
6. Vivian Hoo/Lim Chiew Sien (Malaysia)
7. Tan Pearly/Thinaah Muralitharan (Malaysia)
8. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (Indonesia)

Ganda campuran
1. Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China)
2. Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand)
3. Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping (China)
4. Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie (Malaysia)
5. Tan Kian Meng/Lai Pei Jing (Malaysia)
6. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Indonesia)
7. Thom Gicquel/Delphine Delrue (Prancis)
8. Supak Jomkoh/Supissara Paewsampran (Thailand)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya