SOLOPOS.COM - Direktur Utama (Dirut) PT. Hutama Karya Ir. Budi Harto, M.M. (kiri) kembali terpilih sebagai Ketum Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNS Solo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Direktur Utama (Dirut) PT. Hutama Karya Ir. Budi Harto, M.M. kembali terpilih sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Sebelumnya, ia merupakan Ketum IKA UNS periode 2015-2020.

Berlanjutnya masa bakti Budi Harto sebagai Ketum IKA UNS ditetapkan dalam Musyawarah Nasional (Munas) V IKA UNS yang digelar di Ruang Sidang Senat Gedung Rektorat dr. Prakosa UNS, Minggu (5/12/2021) siang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho yang juga hadir dalam acara tersebut mengatakan, IKA UNS memang memerlukan sosok pemimpin yang tangguh dan punya dedikasi tinggi bagi UNS. Menurutnya, Budi Harto disebut memenuhi dua kriteria tersebut.

Saat ini IKA UNS harus memayungi lebih dari 200.000 alumni yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia dan luar negeri. Tidak hanya itu, saat ini, IKA UNS juga dituntut berkontribusi untuk membantu masyarakat dan mahasiswa yang membutuhkan di tengah pandemi Covid-19.

“Karena memimpin lebih dari 200.000 alumni itu tidak mudah karena harus punya komitmen yang tinggi untuk keluarga alumni UNS. Pengurus Pusat IKA UNS yang dipimpin Pak Budi ini telah berhasil memerankan peran positif dan aktif demi kemajuan UNS,” ujar Jamal dalam sambutannya dalam rilis yang diterima Solopos.com, Senin (6/12/2021).

Baca Juga: FP UNS Bahas Model Ketahanan Pangan Bersama Birokrat dan Pengusaha

Lebih lanjut, Jamal juga mengaku senang apabila Ketum IKA UNS dilanjutkan oleh Budi Harto. Secara tegas dan mantab, ia mendukung Pengurus Pusat IKA UNS periode 2021-2025 agar bisa berkontribusi banyak bagi UNS dan masyarakat.

Terlebih, saat ini UNS memerlukan dukungan untuk mewujudkan visi sebagai World Class University (UNS). Visi ini bisa diraih dengan peran aktif alumni UNS yang sudah tersebar di berbagai lembaga negara, instansi pemerintahan, hingga sektor swasta.

“Oleh karena itu, kepengurusan [IKA UNS] ke depan, lanjutkan saja!” ucap Jamal.

Dalam kesempatan terpisah, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja sama, Bisnis, dan Informasi UNS Prof. Sajidan mengharapkan Budi Harto dapat membawa IKA UNS agar selalu kompak dan bekerja sama dengan UNS.

Sajidan menilai Budi Harto adalah sosok yang sukses dan mampu menjalankan amanah dalam memimpin IKA UNS. “Saya ucapkan selamat atas terpilihnya Ir. Budi Harto Ketum IKA UNS periode 2021-2025. Semoga amanah dan sukses,” kata Sajidan.

Baca Juga: Lompatan Kreatif Ajang Unjuk Kreativitas Mahasiswa FSRD UNS

Perlu Dukungan Alumni Muda

Ditemui seusai acara, Budi Harto mengaku bersyukur kembali dipercaya untuk memimpin IKA UNS. Ia ingin dalam Pengurus Pusat IKA UNS masa bakti 2021-2025, alumni muda UNS dapat ikut berkontribusi.

“Saat ini dan ke depan memang tuntutannya generasi muda. Alumni muda harus yang tampil. Jadi, kita harapkan kepengurusan ini nanti bisa diisi tokoh-tokoh muda alumni sehingga lebih baik dan di masa depan saatnya mereka yang tampil sebagai pimpinan,” ucap Budi Harto.

Lebih lanjut, alumnus Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik (FT) UNS tahun 1983 ini mengutarakan, keberadaan alumni muda UNS dapat memperkuat sinergi di antara alumni UNS.

Budi Harto juga berharap alumni UNS lainnya dapat mendukung keberadaan alumni muda UNS di Pengurus Pusat IKA UNS 2021-2025 agar mereka bisa mendapat banyak pelajaran dan pengalaman.

“Ada kerja sama yang baik, yang senior memberikan pengalaman kepada yang muda-muda sehingga bermanfaat bagi mereka di bidang medan pengabdian. Kemudian, dengan almamater, kita bisa menjadi lebih baik,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya