Resmi Dijual, iPhone Tuai Kritik pada Bagian Ini

iPhone 13 dan iPhone 13 Pro Max mendapat kritik pada kemampuan refresh rate aplikasi pihak ke tiga.
Resmi Dijual, iPhone Tuai Kritik pada Bagian Ini
SOLOPOS.COM - Ilustrasi iPhone 13 dan iPhone 13 Pro Max. (Gambar: apple.com)

Solopos.com, SOLO – iPhone seri 13 secara resmi mulai dijual Jumat (24/9/2021), dan kelemahannya mulai dikritik. Melalui uji dengan iOS 15, rupanya banyak ditemukan aplikasi pihak ke tiga yang tak bisa membawa performa refresh rate iPhone 13 seperti bunyi promosi yakni 120Hz.

Hal utama dalam catatan tersebut tak lain terkait pengoperasian animasi pada aplikasi pihak ke tiga yang tak bisa berjalan mulus atau tak mencapai refresh rate maksimal.

Sebagai informasi, refresh rate adalah kemampuan layar atau kecepatan menampikan frekuensi pembaruan gambar yang diukur dalam hertz atau (Hz). Pada penggunaan aplikasi tertentu, seperti game, refresh rate menjadi komponen penting dalam pengoperasian gawai.

Baca Juga: Email Bocor Menguak Info Bos Apple Ngamuk Soal Bocornya Rahasia Perusahaan

Mengutip kabar yang dilansir 9to5mac.com, Jumat (24/9/2021), tidak maksimalnya refresh rate tersebut ditemukan pada iPhone 13 maupun iPhone 13 Pro Max. Hal itu terdeteksi saat pengoperasian ProMotion Apple. Seperti diketahui fitur ini sudah muncul pada iPad Pro sejak 2017 dan baru disematkan Apple pada iPhone kali ini.

Melalui pengujian pembaruan iOS 15, refresh rate saat aplikasi pihak ke tiga di dalam ProMotion iPhone 13 diakses membuahkan hasil tidak sesuai harapan. Dan Apple dikabarkan telah mengklarifikasi hal tersebut.

Pihak Apple menyebut dibutuhkan penambahan kunci info.plist baru oleh pengembang pihak ke tiga agar bisa mendapatkan hasil refresh rate maksimal. Apple mendapat kritikan mengenai ideal animasi standar bisa dijalankan secara otomatis oleh ProMotion tanpa harus mewajibkan pengembang menambahkan kode khusus.

Baca Juga: Apple Rilis Beta Keenam iOS 15, Ada Opsi Tampilan Safari

Pada bagian tersebut, lanjut 9to5mac, setelan otomatis itu semestinya juga bisa dijalankan walau daya layar diturunkan. Juga masalah masa pakai baterai, pengembang aplikasi termasuk game semestinya bisa meminta dukungan refresh rate penuh. Apple disarankan membuat petunjuk resmi mengenai hal ini.

Seperti diberitakan Solopos.com sebelumnya, Apple akhirnya meluncurkan sejumlah produk barunya melalui siaran streaming Apple Event, Rabu (15/9/2021) dini hari. iPhone13 dan iPhone 13 Pro turut diperkenalkan dalam acara ini.

Menurut pantauan Solopos.com di www.apple.com, iPhone 13 Pro dipresentasikan memiliki keunggulan yang menonjol pada fitur kamera. Fitur cinematic pada iPhone 13 Pro ini mampu memproduksi video setara kualitas produksi film profesional.

Baca Juga: Ini Penilaian Kamera iPhone 13 Pro Max dari Videografer Kondang Petter McKinnon

Video ilustrasi pembuatan film juga ditampilkan dalam kesempatan ini. Terlihat kameramen menenteng iPhone untuk memproduksi video dalam pengambilan beberapa adegan film.

Apple pun menampilkan hasil pengambilan gambar tersebut. “Kekuatan kamera sistem yang lebih dramatis,” tulis keterangan keunggulan iPhone 13 Pro dalam laman resmi Apple.

Baca Juga: Netflix Dukung Audio Spasial Bagi Pengguna iPhone dan iPad

Produk ini juga disebut lebih memiliki tampilan yang responsif. iPhone 13 dan iPhone 13 Pro diumumkan baru bisa dipesan mulai 24 September nanti. Sementara harga masing-masingnya mulai $699 dan $999 atau setara Rp10 juta dan Rp14 jutaan.

Perbedaan lain dalam dua seri iPhone tersebut terletak pada memori. iPhone 13 Pro dibekali memori hingga 1 Tb. Sementara iPhone 13 menawarkan pilihan memori yakni 128, 256, 512 Gb.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago