SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA–Teka-teki mengenai siapa menteri yang akan dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada reshuffle Kabinet Indonesia Maju akhirnya terkuak. Jokowi melantik Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto di Istana Negara Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dilantik menjadi Menteri Perdagangan (mendag). Zulhas, panggilannya, merupakan Ketua MPR periode 2014-2019 dan saat ini menjadi salah satu pimpinan MPR. Dia  menggantikan posisi Muhammad Lutfi.

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Sedangkan Hadi Tjahjanto yang merupakan Panglima TNI periode 2017-2021 dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Hadi Tjahjanto menempati posisi yang sebelumnya ditempati Sofyan Djalil.

Baca Juga: Resmi! Reshuffle Kabinet, Jokowi Lantik 2 Menteri dan 3 Wakil Menteri

Pelantikan Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 64P Tahun 2022 tentang Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019—2024 yang ditetapkan pada tanggal 15 Juni 2022.

Setelah pembacaan keppres, dilakukan pengambilan sumpah jabatan kepada masing-masing pejabat yang dilantik di hadapan Presiden Jokowi dan disaksikan rohaniwan. Setelah itu, upacara ditutup dengan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan pemberian selamat kepada para pejabat yang dilantik.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga melantik dua menteri dan tiga wakil menteri (wamen). Tiga wamen yang dilantik hari ini adalah Raja Juli Antoni sebagai Wamen ATR/BPN, dan Afriansyah Noor sebagai Wamen Tenaga Kerja, serta John Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri.

Baca Juga: Jokowi Sering Reshuffle Kabinet pada Hari Rabu, Ini Perinciannya

Sebelum pelantikan, Jokowi menjamu makan siang petinggi partai politik (parpol)  pendukung dirinya dan Wapres Ma’ruf Amin saat Pilpres 2019. Jokowi menjamu mereka di Presidential Lounge, Istana Negara, Jakarta Pusat.

Dalam jamuan makan siang itu hadir Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh yang duduk mengapit Jokowi. Sementara itu, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar tampak duduk di sebelah Megawati.

Di depan mereka ada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa, dan Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya