SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo disebut akan melakukan reshuffle kabinet. (Instagram/@jokowi)

Solopos.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut bakal merombak (reshuffle) sejumlah menteri di kabinetnya pada Rabu (15/6/2022) siang ini.

Dari informasi yang beredar, perubahan jajaran kabinet ini pada dua menteri yakni: Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi , dan Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikabarkan, Ketua Umum Partai Amanar Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menggantikan Muhammad Lutfi sebagai menteri perdagangan. Sementara, mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto akan menggantikan Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil.

Reshuffle juga akan dilakukan terhadap wakil menteri. Nama mantan Wakil Sekretaris Tim Pemenangan Jokowi-Ma’ruf yang juga Sekretaris Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Raja Juli Antoni disebut-sebut akan masuk ke dalam jajaran kabinet.

Ekspedisi Mudik 2024

Pada Selasa (14/6/2022), Presiden Jokowi memanggil sejumlah menteri dan beberapa tokoh lainnya, di antaranya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil, dan Wamen ATR/BPN Surya Tjandra.

Baca Juga: Kinerja Kabinet Jokowi Kian Terpuruk karena Menteri Sibuk Kampanye

Kemudian, mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto, mantan Wakil Sekretaris Tim Pemenangan Jokowi-Ma’ruf dan Sekretaris Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Raja Juli Antoni, dan Ketum PAN Zulkifli Hasan juga tampak merapat ke Istana.

Ketika mintai terkait tujuan pemanggilan tersebut, Hadi mengaku tidak tahu menahu dan hanya memenuhi panggilan.

“Wah gak tau, hanya dipanggil gak tau apa itu [tujuannya],” ujar Hadi kepada awak media, di kompleks Istana Negara, Selasa (14/6/2022).

Sementara itu, pada hari sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengaku tidak tahu menahu soal rencana perombakan kabinet.

“Tidak ada bocoran,” ujarnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tegaskan Tahan Pertalite, Ini Alasannya

Isu yang santer beredar adalah Jokowi akan mengganti Menteri Perdagangan. Pasalnya, kementerian tersebut belakangan ini diterpa permasalahan serius yakni kelangkaan minyak goreng serta harganya yang melambung.

Sejumlah pihak menilai Mendag Lutfi gagal menyelesaikan permasalahan tersebut sehingga layak untuk diganti. Hal tersebut juga disampaikan pengamat politik Ujang Komarudin.

“Terkait minyak goreng sampai saat ini belum selesai dan belum tuntas jadi menteri perdagangan layak untuk reshuffle. Tentu Jokowi punya standar sendiri terkait siapa saja yang layak di reshuffle itu,” ujarnya kepada Bisnis.

Permasalahan minyak goreng ini pun akhirnya menyeret beberapa orang ke meja hijau atas dugaan korupsi.

Salah satu tersangkanya adalah Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag, Indrasari Wisnu Wardhana. Bahkan, Jokowi pun turun tangan dengan menyetop ekspor bahan baku minyak goreng hingga harga produk di pasar kembali stabil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya