SOLOPOS.COM - Soto Sokaraja (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Sroto atau soto Sokaraja dengan saus sambal kacang sudah terkenal seantero negeri. Resep membuat soto Sokaraja ini bisa diaplikasikan di rumah sebagai pengobat rindu kuliner khas bumi ngapak.

Sebagaimana dilansir dari indonesia.go.id, Sabtu (31/10/2020), soto Sokaraja atau oleh warga Banyumas dikenal dengan sebutan "sroto" punya kekhasan yaitu saus sambal kacang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain itu, Sroto Sokaraja juga menggunakan krupuk khusus dari bahan singkong dalam penyajiannya, yaitu “krupuk cantir”.

Krupuk cantir ini biasanya berwarna merah atau putih. Selain warnanya yang unik, rasa dari krupuk cantir ini menambah nikmat Sroto Sokaraja ini.

Inilah Bella, Duta Rupiah dari Bank Jateng Wonogiri

Bagaimana rahasia resep soto Sokaraja? Sajian Sroto Sokaraja ini dalam proses pembuatannya hampir sama dengan soto pada umumnya.

Awalnya siapkan bahan-bahan seperti lima sendok makan (sdm) minyak sayur sebagai bahan menumis, 100 gram (gr) suun lalu rendam dalam air matang setelah itu tiriskan, 150 gr taoge pendek, dan 100 gr kacang tanah goreng.

Untuk meracik kuah soto siapkan dua liter air untuk merebus, 750 gr daging sapi sandung lamur, tiga sentimeter jahe digeprek, empat batang serai digeprek, tiga sdm kecap manis.

Sedangkan, bumbu-bumbu yang dihaluskan adalah 10 butir bawang merah, delapan siung bawang putih, lima butir kemiri disangrai, tiga cm kunyit dibakar, satu setengah sendok teh garam, dan satu sendok teh merica putih butiran.

Peluang Bisnis: Ternak Ayam Bisa Dibantu Teknologi

Rahasia resep soto Sokaraja ada di sambalnya. Sambal kacang diolah dari dua sdm minyak sayur, 10 buah cabai rawit merah, lima siung bawang putih, tiga butir bawang merah, 200 ml air panas, 100 gr kacang tanah goreng, dua sdm gula merah, satu sdm air asam jawa, dan satu sdt garam. Sebagai pelengkap, iris halus dua batang seledri dan iris tipis satu batang bawang daun.

Mengolah Soto Sokaraja

Resep soto Sokaraja itu diolah pertama membuat kuah soto, rebus daging hingga empuk. Angkat, potong-potong. Sisihkan kaldunya. Panaskan tiga sdm minyak, tumis bumbu halus, jahe, serai, dan lengkuas hingga harum. Angkat. Tuang ke dalam kuah kaldu bersama kecap manis. Segera didihkan. Angkat. Sisihkan.

Sementara itu untuk sambal kacang, panaskan dua sdm minyak, tumis cabai dan semua bawang hingga harum. Angkat. Haluskan dalam blender bersama sisa bahan. Siap dihidangkan.

Wisata di Alam Terbuka Lebih Aman Saat Pandemi? Ini Penjelasan Dokter

Sroto Sokaraja ini biasanya disajikan dalam mangkuk. Dalam penyajiannya, ketupat dipotong kecil dan ditaruh ke dalam mangkuk berisikan daging sapi maupun babat setelah disiram kuah soto. Selain daging sapi, tersedia juga soto dengan daging ayam dengan kuah kaldu ayam.

Untuk sambal kacang bisa disajikan dengan dicampur kuah, namun ada juga yang terpisah. Gimana, tertarik mencoba resep soto Sokaraja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya